Dilantik Jokowi, Ini Bunyi Sumpah Jenderal Yudo Margono jadi Panglima TNI

Dilantik Jokowi, Ini Bunyi Sumpah Jenderal Yudo Margono jadi Panglima TNI

KSAL Yudo Margono jalani fit and proper tes Panglima TNI oleh DPR RI, di mana masa jabatannya hanya 9 bulan saja.-Foto/Instagram/Yudo_margono88-

JAKARTA, DISWAY.ID - Jenderal Yudo Margono bersumpah saat dilantik jadi Panglima TNI oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Jenderal Yudo Margono dilantik sebagai Panglima TNI di Istana Negara, pada Senin 19 Desember 2022.

Pelantikan Yudo Margono itu berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 91/TNI Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima TNI yang dibacakan Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan.

Berikut pengambilan sumpah jabatan Yudo Margono oleh Presiden Joko Widodo.

BACA JUGA:Pesan Menantang Kylian Mbappe Usai Dipermalukan Argentina, Sangat Percaya Diri

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundangan dengan selurus-lurusnya. Demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," demikian kata Yudo saat mengucapkan sumpah dan janji.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab, bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit," lanjut Yudo.

Dengan pelantikan ini, Laksamana Yudo Margono resmi menggantikan panglima TNI sebelumnya, Jenderal Andika Perkasa, yang akan memasuki masa purnatugas.

Pelantikan dihadiri oleh sejumlah pejabat negara, antara lain Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo, Jenderal Andika Perkasa, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman.

BACA JUGA:Saksi Ahli Digital Forensik Beberkan Anggota Grup WA 'Duren Tiga'

Hadir pula Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, Ketua DPR RI Puan Maharani, dan Ketua Dewan Pengarah Badan Penguatan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri.

Sebelum dilantik hari ini, Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah menyetujui Yudo Margono menjadi calon panglima TNI.

Persetujuan itu diputuskan setelah Komisi I DPR menggelar fit and proper test terhadap Yudo sebagai calon panglima TNI pada 2 Desember 2022.

Kemudian, pada 13 Desember 2022, Yudo disahkan menjadi Panglima TNI pengganti Andika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: