Awas Keliru, Ini Perbedaan Hari Ibu dan Mother’s Day yang Kerap Disamakan

Awas Keliru, Ini Perbedaan Hari Ibu dan Mother’s Day yang Kerap Disamakan

Ilustrasi hari Ibu-Pexels.com/Victoria Akvarel-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Indonesia menetapkan Hari Ibu pada tanggal 22 Desember. Tak hanya Indonesia, negara lain juga turut merayakannya dengan istilah Mother's Day.

Meski kelihatannya sama, namun ada perbedaan Hari Ibu dan Mother’s Day, baik dari sejarah dan tanggalnya. Bahkan, peringatan Hari Ibu di setiap negara juga berbeda-beda tanggalnya.

BACA JUGA:Jejak Pelaku Penculikan Gadis 6 Tahun Gunung Sahari Terakhir di Stasiun Kota

BACA JUGA:Polisi Temui Titik Terang Soal Kasus Penculikan Anak di Gunung Sahari, Jejak Pelaku dan Korban Terakhir di Stasiun Kota

Satu yang pasti, jika Hari Ibu dan Mother's Day akan digunakan oleh anak-anak untuk memberikan pesan dan hadiah kepada sang ibu sebagai bentuk terima kasihnya.

Anak-anak sangat bangga memiliki seorang ibu yang dengan ikhlas merawatnya hingga dewasa.

Nah, berikut ini merupakan perbedaan Hari Ibu dan Mother's Day yang dirayakan di seluruh dunia.

BACA JUGA:Good Bye, Restoran Fish & Co Pamit 31 Desember 2022

BACA JUGA:Liverpool Jauhi Bellingham, Sosok Kunci Timnas Argentina di Piala Dunia 2022 Jadi Prioritas Klopp

1. Hari Ibu di Indonesia lahir dari penyatuan pikiran dan semangat perempuan

Peringatan Hari Ibu di Indonesia diawali oleh penyatuan para pejuang perempuan yang berkumpul dalam suatu himpunan. Perkumpulan tersebut mengadakan Kongres Perempuan I pada 22-25 Desember 1928 di Yogyakarta.

Kongres yang dihadiri oleh 30 organisasi perempuan dari 12 kota di Jawa dan Sumatera menghasilkan sebuah kongres perempuan yang disebut sebagai Kongres Wanita Indonesia.

Hingga akhirnya sampai kepada Kongres Perempuan III pada 23-28 Juli 1938 di Bandung. Kongres ini menetapkan tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu karena tanggal tersebut dianggap sebagai tonggak sejarah kebangkitan perempuan di Indonesia.

BACA JUGA:Kapolri Izinkan AFF 2022 Penonton Nonton di Stadion GBK, Kapasitas Hanya 70 Persen

BACA JUGA:Bawaslu dan KPU Buat Regulasi Kampanye, Pengamat: Tidak Ada Lagi Kegiatan Politik yang Dapat Dikategorikan Sebagai Curi Start

2. Peristiwa Mother's Day diperingati untuk menghormati peran ibu

Sementara, Mother's Day lahir di Amerika Serikat pada 1908 yang dicetuskan oleh Anna Jarvis. Mother's Day diketahui dirayakan pada saat minggu kedua bulan Mei tiap tahunnya.

Anna Jarvis mengawali peristiwa Mother's Day karena melihat pengorbanan seorang ibu yang besar. Hal ini juga tak lepas dari kematian sang ibu pada 1905, sehingga dicetuskanlah Mother's Day.

Tak hanya itu, Mother's Day juga sebagai bentuk penghormatan kepada seluruh ibu di Amerika Serikat.

BACA JUGA:5 Cara Emiliano Martinez Pengaruhi Mental Pemain Prancis di Babak Adu Penalti Final Piala Dunia 2022

BACA JUGA:Venue Pertandingan AFF CUP Dipantau Langsung Kapolri dan Menpora

3. Perbedaan tanggal dalam merayakannya

Peringatan Hari Ibu di Indonesia ditetapkan tanggal 22 Desember. Hal ini juga ditegaskan oleh Presiden Soekarno melalui Dekrit Presiden No. 316 tahun 1959.

Sedangkan, Mother's Day dirayakan di Amerika Serikat pada minggu kedua bulan Mei. Pada 1914, Mother's Day di Amerika Serikat ditetapkan sebagai hari libur nasional oleh Presiden AS saat itu, Woodrow Wilson.

Penanggalan Mother's Day juga banyak diikuti oleh negara lain, namun tak sedikit negara yang memiliki tanggal Hari Ibu tersendiri.

BACA JUGA:Ditanya Soal Gabung Manchester United, Bellingham Beri Respons Menohok, Fans Setan Merah Siap-siap Sakit Hati

BACA JUGA:Siap-siap! Energen Champion SAC Indonesia Central Java Qualifiers Segera Digelar 8-10 Desember 2022

4. Jarvis menyesal dengan penetapan Hari Ibu

Perayaan Mother's Day di AS sempat membuat Jarvis bangga, karena ditetapkan sebagai hari penting dan bersejarah untuk menghormati peran seorang ibu.

Namun, Jarvis kemudian menyesal mencetuskan Mother's Day, karena perayaan itu dianggap hanya untuk meraup keuntungan dengan berjualan bunga, kartu ucapan, hadiah dan lainnya.

BACA JUGA:Jimat Keberuntungan Messi di Kaki Kiri Saat Bawa Argentina Juara Piala Dunia 2022, Pemiliknya Telah Meninggal Dunia

BACA JUGA:PT AHM Buka Lowongan Kerja untuk Posisi Marketing Budget Officer, Minat? Buruan Daftar

Hingga akhir hidupnnya, Jarvis menentang adanya perayaan Mother's Day yang telah berkembang. Meski begitu, peringatan Mother's Day sudah menjadi tradisi di masyarakat hingga saat ini.

Itulah beberapa perbedaan Hari Ibu dan Mother’s Day yang selalu dikaitkan. Meski memiliki latar belakang dan penanggalan yang berbeda, makna yang bisa dipetik tetap sama, yaitu menghargai pengorbanan kasih sayang seorang ibu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: