Catat! Ini 5 Cara Mengenali Lowongan Kerja Palsu, Hati-hati Saat Melamar

Catat! Ini 5 Cara Mengenali Lowongan Kerja Palsu, Hati-hati Saat Melamar

Ilustrasi Interview pekerjaan-Unsplash.com/Tim Gouw-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Iklan lowongan pekerjaan banyak sekali tayang di berbagai platform, seperti aplikasi pencari kerja, spanduk, media sosial dan lainnya.

Seringkali orang yang melamar suatu pekerjaan tidak teliti memeriksa iklan lowongan kerja. Tak sedikit iklan lowongan kerja yang ditayangkan adalah modus penipuan.

BACA JUGA:Jasa Marga Buka Akses Keluar Darangdan Tol Cipularang Selama Libur Nataru, Tarifnya Segini

BACA JUGA:Ronaldo Diobral ke Klub Peserta Liga Champions, Pernah Ditawarkan ke Eintrach Frankfurt oleh Manchester United

Bahkan, banyak juga orang-orang yang tertipu dengan lowongan kerja palsu. Alih-alih melakukan interview, pencari kerja justru mendapati lokasi kerja yang tak sesuai iklan.

Hal ini membuat pencari kerja merasa putus asa dan membuat mereka trauma. Biar tak tertipu lagi, berikut ini beberapa cara untuk mengenali iklan lowongan kerja palsu yang banyak beredar.

BACA JUGA:Polisi Tangkap 3 Orang Pembunuh Mayat Wanita Bertato Kupu- kupu di Tangerang

BACA JUGA:3.247 Personel Gabung Pasukan Operasi Lilin Maung 2022

1. Alamat email yang tertera tidak menggunakan nama perusahaan

Sebelum kamu melamar sebuah pekerjaan melalui alamat email, periksa lebih dulu apakah email yang tertera benar adanya. Seringkali iklan yang ditayangkan juga  menuliskan alamat email palsu.

Email resmi perusahaan menggunakan domain yang sama dengan nama perusahaan. Sementara, email palsu umumnya diakhiri dengan domain email yang digunakan.

Tak jarang juga email palsu berisikan konten yang mirip dengan email perusahaan resmi. Karena itu, selalu periksa terlebih dahulu alamat email jika kamu merasa curiga.

BACA JUGA:Hasil Geledah DPRD Jatim, KPK Amankan Uang Sebanyak Rp 1 Miliar

BACA JUGA:Jadwal Layanan Perpanjang SIM di DKI Jakarta Akan Diliburkan Selama Liburan Nataru, Cek Tanggalnya di Sini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: