Heru Budi Sidak Lokasi Uji KIR, Pastikan Layanan Optimal dan Bebas Pungli

Heru Budi Sidak Lokasi Uji KIR, Pastikan Layanan Optimal dan Bebas Pungli

Heru Budi Sidak Lokasi Uji KIR, Pastikan Layanan Optimal dan Bebas Pungli-PPID DKI Jakarta-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Penjabat (Pj) Gubernur DKI JAKARTA, Heru Budi Hartono memastikan tidak ada pungutan liar (pungli) di lokasi uji kendaraan bermotor (KIR).

Hal ini diungkapkan saat melakukan sidak di Unit Pengelola Pengujian Kendaraan Bermotor (UPPKB) Ujung Menteng, Cakung, Jakarta Timur, Senin 26 Desember 2022.

BACA JUGA:Hasil Babak Pertama Indonesia vs Brunei AFF 2022, Sontekan Dendy Sulistyawan Berbuah Manis!

BACA JUGA:Marc Marquez Hengkang dari Honda Bisa Susul Alex Marquez ke Ducati? 'Saya Kompetitif Bersama Ducati'

Untuk diketahui, pengujian kendaraan bermotor tersebut dilakukan sebagai tanda kendaraan tersebut layak digunakan secara teknis di jalan raya, khususnya bagi kendaraan yang membawa angkutan penumpang, dan barang.

"Kami ingin memastikan semuanya (berjalan)  secara 'on the track'. Tadi Pak Kepala UPPKB Ujung Menteng, Edy Sufa'at juga menjelaskan semuanya (berjalan) dengan sistem yang bisa meminimalisir pungli. Karena itu sidak ini kami lakukan, dan harus kita pastikan kerja ini harus profesional," ujar Pj Gubernur Heru, dalam keterangannya.

BACA JUGA:2.9 Juta Jiwa Terima Manfaat Dompet Dhuafa Pada 2022, Donasi Nyaris Tembus 4 Miliar Rupiah

BACA JUGA:Cegah Kekerasan Seksual di Lingkungan Perguruan Tinggi, Nadiem Makarim: Bisa Pengaruhi Masa Depan Perempuan

Heru juga menyempatkan diri untuk berinteraksi dengan warga yang sedang melakukan uji kir. Ia juga ingin menilai kinerja dari Tim UPPKB Ujung Menteng dari sudut pandang warga terkait etos kerja dan profesional dalam melayani uji kendaraan bermotor tersebut.

"Tadi saya tanya juga warga (yang melakukan uji kir), warga tersebut baik pemilik dan siapapun (hanya mengendarai) itu silakan saja. Terus warga yang mengurus di sini tidak harus turun dari mobil, jadi yang mengecek petugas. Ya sudah hal ini berjalan hingga selesai (pemeriksaan kir)," ungkap Pj Gubernur Heru.

BACA JUGA:Saling Ejek di Medsos, Tawuran Antar Pemuda di Karang Tengah Makan Korban 1 Orang Tewas

BACA JUGA:Melalui Musik Dukung Ukraina Bersama Band Wellboy

"Karena transaksinya kan satu mobil (hanya boleh diisi) satu orang, terus petugas juga tidak komunikasi (secara langsung). Tadi saya minta sama Pak Kadishub, mungkin (perlu) ditambah CCTV, sehingga bisa dilihat di ruang kepala (UPPKB Ujung Menteng)," tambahnya.

Terkait upaya bebas pungli dalam kegiatan uji kir tersebut, biasanya tidak lepas dari adanya kemungkinan potensi pemberian izin lulus uji kir kepada pemilik kendaraan yang tidak lulus uji. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: