Tabur Garam, Operasi TMC Sukses Cegah Hujan di Jabodetabek dan Jawa Barat pada Malam Tahun Baru

Tabur Garam, Operasi TMC Sukses Cegah Hujan di  Jabodetabek dan Jawa Barat pada Malam Tahun Baru

Akun Instagram Dwikorita-Akun Instagram Dwikorita-Akun Instagram Dwikorita

JAKARTA, DISWAY.ID- Perayaan tahun baru 2023 di sejumlah wilayah di Jabodetabek berlangsung meriah dengan diadakannya pesta kembang api, acara konser musik ataupun doa bersama yang diadakan pada perayaan tahun baru 2023.

Sebelumnya, BMKG telah mengeluarkan Rilis resmi pada perayaan tahun baru 2023 di sejumlah wilayah di Indonesia akan turun hujan dalam intensitas sedang sampai lebat.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, sebagian wilayah Indonesia berpotensi diguyur hujan dengan intensitas yang bervariasi dari ringan hingga lebat di beberapa wilayah pada momen Tahun Baru atau 01 Januari 2023.

BACA JUGA:Prakiraan Cuaca BMKG : Waspada, Cuaca Ekstrem Berpotensi Terjadi pada Malam Tahun Baru

BACA JUGA:Soal Info Badai Dahsyat dari BRIN Beda dengan BMKG, DPR RI Bakal Panggil 2 Lembaga Itu

"Berdasarkan model cuaca numerik BMKG, sebagian wilayah Indonesia dalam beberapa hari ke depan berpotensi mengalami cuaca ekstrem dengan peningkatan curah hujan lebat hingga sangat lebat di beberapa wilayah,” ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam keterangannya.

“Untuk wilayah Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali hingga Nusa Tenggara, potensi hujan intensitas lebat hingga sangat lebat dapat terjadi mulai tanggal 30 Desember 2022, dimana potensi tersebut dapat berlanjut hingga 01 Januari 2023 dini hari," lanjut Dwikorita.

Dwikorita bahkan menyebut hujan cenderung cukup merata dengan peningkatan intensitas pada sore hingga dini hari.

"Hujan cenderung terjadi cukup merata dengan peningkatan intensitas pada dini hari dan sore hari," ujar Dwikorita.

Menurut Dwikorita kondisi wilayah di DKI Jakarta terpantau tidak hujan dan cenderung aman, pihak BMKG sebelumnya sudah memperkirakan hujan akan turun pada saat momen perayaan tahun baru 2023.

Kepala BMKG Dwikorita menambahkan, bahwa modifikasi cuaca tersebut berjalan sesuai dengan rencana dan berhasil mengantisipasi hujan ekstrem turun di wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat.

"Alhamdulillah, operasi TMC yang digelar untuk mengantisipasi cuaca ekstrem di wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat berjalan sesuai rencana dan bisa dikatakan berhasil, sehingga tidak terjadi hujan ekstrem di wilayah Jabodetabek pada tanggal 30 Desember yang lalu, karena berhasil dikurangi intensitasnya," ujar Dwikorita, Sabtu 31 Desember 2022.

BACA JUGA:Ditlantas Polda Metro Kerahkan 950 Personel, Tindak Pengendara Konvoi Malam Tahun Baru

Dwikorita mengatakan, sedikitnya 30 ton NaCl atau garam ditaburkan menggunakan dua pesawat yaitu Pesawat Cassa 212 dan CN 295 dari Skuadron Udara 4 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: