Soal Info Badai Dahsyat dari BRIN Beda dengan BMKG, DPR RI Bakal Panggil 2 Lembaga Itu

Soal Info Badai Dahsyat dari BRIN Beda dengan BMKG, DPR RI Bakal Panggil 2 Lembaga Itu

Ilustrasi Hujan lebat-_Alicja_-Pixabay

JAKARTA, DISWAY.ID-Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) memprakirakan cuaca badai dahsyat akan melanda Jabodetabek, hari ini 28 Desember 2022. 

Prediksi tersebut kemudian ditanggapi oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). 

BMKG menanggapi dengan pernyataan prakiraan cuaca 28-30 Desember yang berpotensi cuaca ekstrem namun bukan badai sebagaimana prakiraan BRIN. 

BACA JUGA:Bukan Badai, Kata BMKG Jabodetabek Masih Aman : Hujan Ekstrem yang Diprediksi Terjadi 30 Desember

Prediksi 2 lembaga ini sempat membuat heboh di tengah masyarakat. Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menyebut legislatif bakal memanggil perwakilan BRIN dan BMKG terkait informasi dua lembaga soal ada badai terjadi di Jabodetabek pada Rabu 28 Desember 202.

Menurut Dasco, legislatif memanggil perwakilan kedua lembaga agar BRIN dan BMKG agar bisa menyinkronkan data sebelum menyampaikan informasi ke publik.

"Jadi, biar kedua lembaga ini saling mengintegrasikan data sebelum kemudian melemparkan ke masyarakat," kata Ketua Harian Partai Gerindra itu ditemui awak media di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu. 

BACA JUGA:BRIN Prediksi Badai Dahsyat Akan Melanda Jabodetabek 28 Desember, BMKG : Itu Dideteksi di Papua

Menurut Dasco, upaya menyinkronkan data menjadi penting agar BRIN dan BMKG tidak melempar informasi yang memunculkan kekhawatiran berlebih di masyarakat.

"Jadi, masyarakat yang waswas karena cuaca, tidak tambah waswas karena pernyataan yang mirip, tetapi agak berbeda," lanjut pria bergelar profesor itu.

Meski begitu, Dasco tetap mengingatkan publik ke depan bisa lebih berhati-hati dalam beraktivitas di tengah potensi cuaca ekstrem.

"Kami mengimbau kepada masyarakat tanggal 28 sampai 30 Desember memang sedapat mungkin mengurangi kegiatan di luar rumah," katanya.

Diketahui, BRIN sebelumnya mengungkapkan di Jabodetabek terjadi badai, sedangkan BMKG hanya menyebut hujan lebat di Jabodetabek pada hari ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jpnn.com