BRIN Prediksi Badai Dahsyat Akan Melanda Jabodetabek 28 Desember, BMKG : Itu Dideteksi di Papua

BRIN Prediksi Badai Dahsyat Akan Melanda Jabodetabek 28 Desember, BMKG : Itu Dideteksi di Papua

Ilustrasi badai-Pixabay/ dimitrisvetsikas-Pixabay/ dimitrisvetsikas

JAKARTA, DISWAY.ID-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menanggapi prediksi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) soal badai dahsyat yang akan terjadi di Jabodetabek pada Rabu 28 Desember 2022. 

BMKG melalui Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan bahwa Jabodetabek masih dalam kondisi aman pada Rabu 28 Desember 2022. 

"Istilah badai, terminologi badai itu kurang lebih merupakan siklon tropis, jadi pusaran angin yang kencang yang juga mengakibatkan hujan ekstrem, itu badai.  Itu dideteksi akan terjadi tadi di wilayah sebelah utara Papua, dan juga sedang berproses, tapi kemungkinan terjadi katanya rendah di wilayah selatan barat Indonesia, itu dimaksud badai sesungguhnya," ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati saat jumpa pers zoom Selasa 27 Desember 2022. 

BACA JUGA:Prakiraan Cuaca BMKG 19 Desember - 6 Januari 2023 : Masyarakat di Lokasi Rawan Bencana Diminta Waspada

Sementara Deputi Meteorologi BMKG, Guswanto meminta semua pihak agar berhati-hati dalam penggunaan istilah.  Dia memastikan hujan esktrem dan badai itu berbeda.

"Saya ingin perkuat Kepala BMKG bahwa hati-hati dalam penggunaan istilah, dalam berita beredar ada istilah badai, serangan badai, barangkali perlu diluruskan, ini adalah hujan lebat, kalau kita lihat ada legendanya," kata Guswanto.

Guswanto lantas menampilkan peta cuaca Indonesia. Menurutnya, pernyataan badai besar itu pernyataan yang berlebihan

"Jadi prakiraan yang disampaikan itu over estimate, jadi BMKG menyampaikan nanti tanggal 30 prakiraan kita, dasar kita menyampaikan tanggal 30 kemungkinan cuaca buruk melanda Indonesia di wilayah Jawa Barat, Jabodetabek hujan ekstrem di atas 150," paparnya.

Hal senada juga dikatakan Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG Fachri Radjab, dia menegaskan dari permodelan BMKG, Jabodetabek akan diguyur hujan lebat pada 30 Desember 2022. 

BACA JUGA:Waspada Cuaca Ekstrem 25 Desember - 1 Januari, BMKG : 11 Provinsi Harus Siaga

Menurutnya, Rabu 28 Desember dan Kamis 29 Desember wilayah Jabodetabek belum diguyur hujan lebat, namun dia meminta warga tetap waspada.

"Melengkapi, bahwa Jabodetabek memang potensi hujan dari hasil pemodelan itu potensi di tanggal 30 Jabodetebek emang sangat lebat. Sementara (tanggal) 28 sendiri masih kategori ringan hingga sedang, (tanggal) 29 juga masih sedang dan hujan lebat cenderung di laut, laut Jawa, laut Jabodetabek. sejauh ini yang perlu jadi kewaspadaan di tanggal 30, tapi bukan berarti tanggal 28-29 nggak hujan, ada hujan tapi intensitas sedang," jelas Fachri.

Sebelumnya, Peneliti BRIN Erma Yulihastin menyebut bahwa hujan ekstrem hingga badai dahsyat akan melanda Jabodetabek pada Rabu 28 Desember 2022. 

"Potensi banjir besar Jabodetabek. Siapa pun Anda yang tinggal di Jabodetabek, dan khususnya Tangerang atau Banten, mohon bersiap dengan hujan ekstrem dan badai dahsyat pada 28 Desember 2022," kata Erma dalam unggahannya di Twitter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: