Waspada, Banjir Rob Landa Pesisir Pantai Lebak Banten Saat Bulan Purnama

Waspada, Banjir Rob Landa Pesisir Pantai Lebak Banten Saat Bulan Purnama

Air laut di pesisir laut Jakarta Utara terpantau sedang dalam keadaan pasang-Istimewa-disway.id

LEBAK, DISWAY.ID-- Masyarakat diminta waspada akan adanya banjir rob melanda pesisir Pantai Lebak, Provinsi Banten.

Banjir rob di peisir pantai Lebak terjadi seiring adanya fenomena Bulan Purnama atau Full Moon. 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak mengeluarkan peringatan dini terkait potensi banjir rob di wilayah pesisir pantai Lebak bagian selatan tersebut.

BACA JUGA:Peringatan Dini BMKG: Potensi Banjir Rob Pantai Banten Terjadi 1-5 Januari 2023

BACA JUGA:PT KAI Rekayasa Pola Operasi Akibat Banjir di Semarang, Berikut Kompensasi ke Pelanggan

BMKG memprediksi fenomena bulan purnama itu terjadi pada 1 hingga 6 Januari 2023. Fenomena itu berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum.

Terdapat beberapa daerah yang berpotensi terkena banjir rob dampak fenomena itu yakni Pesisir Sumatera Barat, Pesisir Bengkulu, Pesisir Kepulauan Riau, Pesisir Banten, Pesisir utara DKI Jakarta, Pesisir Jawa Barat, Pesisir Jawa Tengah, Pesisir Jawa Timur, Pesisir Nusa Tenggara Barat, Pesisir Nusa Tenggara Timur, Pesisir Kalimantan Barat, Pesisir Kalimantan Tengah, Pesisir Sulawesi Utara, Pesisir Sulawesi Selatan, Pesisir Maluku Utara, Pesisir Maluku, dan Pesisir Papua Selatan.

“Kita mendapatkan rilis dari BMKG bahwa akan terjadi banjir rob yang disebabkan oleh fenomena banjir rob. Dan beberapa pantai di Lebak selatan juga diprediksi akan terkena banjir rob itu,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lebak Febby Rizki Pratama, Minggu 1 Januari 2023.

Febby mengatakan, beberapa pantai yang terdampak banjir rob itu yakni Pantai Bagedur Binuangeun, Pasir Putih dan sepanjang pantai di Cihara secara khususnya,”Secara umum mah semua perairan di Lebak Selatan,” katanya.

BACA JUGA:Ganjar Pranowo Cek Banjir Semarang dengan Gowes Sepeda: Kita Cek Surut Ya

BACA JUGA:Ternyata Gak Cuma Intim di Kamar, Selingkuhnya Ibu Kandung dan Suami Norma Risma Dibongkar Tetangga

Banjir rob itu tentunya akan berdampak pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat.

Untuk itu, masyarakat dihimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari Pasang Maksimum Air Laut serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG.

“Kita minta warga khususnya wisatawan dan nelayan untuk tidak beraktivitas di bibir pantai terlebih dahulu, karena selain adanya banjir rob, wilayah pesisir Lebak selatan juga diprediksi akan terjadi gelombang tinggi sampai 4 meter hingga 7 hari kedepan,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: