7 Cara Merawat Rumah di Musim Hujan, Dijamin Anti Bocor

7 Cara Merawat Rumah di Musim Hujan, Dijamin Anti Bocor

Ilustrasi musim hujan-Freepik/@user17596162-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Musim hujan serta cuaca ekstrem telah mengguyur sejumlah wilayah di Indonesia. Pemilik rumah tentu harus lebih waspada terhadap kondisi huniannya.

Pasalnya, musim hujan menghasilkan udara dingin yang mampu memengaruhi kondisi rumah. Cat akan dengan mudah terkelupas apabila terus menerus terkena air hujan.

BACA JUGA:Indonesia Mengutuk Kunjungan Menteri Keamanan Israel ke Masjid Al-Aqsa, Ini Aksi Provokasi!

BACA JUGA:Ogah Disebut Berselingkuh, Rozy Zay Hakiki Akui Lebih Nyaman dengan Ibu Mertua, 'Suka Nyuciin Baju Sampai Siapin Bekal'

Bahkan, air hujan dapat merusak permukaan dinding serta mengganggu struktur bangunan itu sendiri. Daun pintu dan jendela yang terbuat dari kayu lama kelamaan akan lapuk jika terkena air.

Tak hanya itu, kebocoran yang tidak segera diatasi pada genteng dapat menyebabkan kerusakan pada atap. Dikhawatirkan atap semakin lapuk dan ambruk secara tiba-tiba.

Agar rumah tetap aman saat musim penghujan, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawatnya.

BACA JUGA:Berbagai Ramuan Minuman Tradisional untuk Menghangatkan Badan saat Musim Hujan, Rasanya Bikin Lega!

BACA JUGA:Shin Tae-yong Janjikan Pertandingan Menarik Lawan Vietnam di Semifinal Piala AFF 2022

1. Perhatikan kondisi atap

Genteng menjadi bagian pertama yang bersentuhan langsung dengan air hujan. Genteng melindungi rumah dari air hujan dan kebocoran.

Seringkali atap yang bocor diabaikan oleh pemilik rumah. Padahal, plafon yang terbuat dari papan triplek akan cepat lapuk jika terkena tetesan air.

Karena itu, selalu periksa kondisi atap rumah. Pastikan posisi genteng rapat agar tidak ada celah yang membuat air hujan merembes ke dalam.

BACA JUGA:Catat! Peserta KIP Kuliah Bisa Ikut SNPMB 2023, Cek Kuota Masing-masing Kampus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: