Bau Kotoran Kuda di Sekitar Monas, Heru Budi : Kusir Delman Diimbau Jaga Kebersihan

Bau Kotoran Kuda di Sekitar Monas, Heru Budi :  Kusir Delman Diimbau Jaga Kebersihan

Pejabat (PJ) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengaku mendapatkan laporan dari masyarakat terkait adanya bau tak sedap kotoran kuda di sekitar monas.-Disway.id/Anisha Aprilia-

JAKARTA, DISWAY.ID, Pejabat (PJ) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengaku mendapatkan laporan dari masyarakat terkait adanya bau tak sedap kotoran kuda di sekitar Monas.

"Ya itu yang harus menjadi perhatian kami kan tidak juga bisa total melarang itu, juga harus memperhatikan mereka kusirnya juga harus bisa ya bisa meningkatkan ekonominya berjalan," ujarnya di kantornya, Senin 9 Januari 2023.

Oleh karena itu, Heru mengimbau kepada para kusir agar lebih memperhatikan kebersihan kuda dan andong.

BACA JUGA:Kusir Delman Bakalan Geruduk Kantor PJ Gubernur DKI Jakarta, Ada Apa?

“Saya imbau masing-masing delman menjaga kebersihan,” lanjutnya.

Kendati demikian, Heru mengaku tidak melarang delman untuk beroperasi. Dia hanya mengatur operasional delman untuk dibatasi hanya beroperasi di akhir pekan.

Pembatasan operasional ini juga merupakan salah satu tahap persiapan Jakarta sebagai tuan rumah KTT ASEAN 2023.

"Saya tidak melarang itu, tetapi kita bersama-sama supaya menjaga. Ada juga kan beberapa hal yang harus kita perhatikan, kesehatan dan juga keselamatan," ujarnya.

Sebagai informasi, Pemerintah Kota Jakarta Pusat tetap memperbolehkan delman untuk beroperasi di wilayah monas. Hanya saja, Pemkot Jakpus membuat aturan agar delman hanya beroperasi pada Sabtu dan Minggu selama delapan jam.

BACA JUGA:PSI Minta Pemprov DKI Jadikan Delman Daya Tarik Wisata: Jangan Sekedar Diusir

BACA JUGA:Delman Tetap Boleh Beroperasi di Monas, Pemkot Jakpus Jelaskan Aturannya

"Delman diatur di seputar Monas, (Jalan) Medan Merdeka pada Sabtu dan Minggu. Ini untuk menunjang lokasi Monas sebagai tujuan wisata baik penduduk Jakarta atau pun luar," kata Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin, Senin 9 Januari 2023. 

Oleh karena itu, ia mengatakan pihaknya bakal menguji kelayakan delman baik dari segi kesehatan kuda, hingga keamanan kereta atau gerobak untuk menjamin keamanan pengguna.

"Ketentuan mereka operasi delapan jam dan kapasitas angkut empat orang ini menjadi satu bagian pengawasan petugas di lapangan, sehingga beban kuda tidak terlalu berat," kata Iqbal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: