Tips Perawatan Sepeda Motor Setelah Libur Nataru, Perhatikan 7 Poin Ini Sob!

Tips Perawatan Sepeda Motor Setelah Libur Nataru, Perhatikan 7 Poin Ini Sob!

Bengkel resmi Yamaha-yamaha-

2. Cek Oli Mesin

Salah satu bagian penting dari sepeda motor yang perlu dilakukan pengecekan setelah melakukan perjalanan jarak jauh adalah oli mesin. Baik itu volume, kekentalan, maupun warna dari cairan oli itu sendiri. 

Oli mesin yang masih layak pakai biasanya memiliki tekstur cairan yang masih kental dan berwarna bening serta volume-nya tidak berkurang sesuai standar yang ditentukan oleh pabrikan. Idealnya penggantian oli dilakukan setiap 3.000 kilometer atau per 3 bulan*.

3. Cek Aki / Battery 

Komponen lain yang perlu dilakukan pengecekan adalah aki atau battery untuk memastikan kondisinya tidak lemah atau rusak sehingga fungsi kelistrikan sepeda motor bekerja dengan baik, termasuk fungsi starter engine untuk menghidupkan mesin. 

BACA JUGA:Hotman Paris Dampingi Teddy Minahasa di Kejari Jakbar

BACA JUGA:Kapolda Papua Sebut Lukas Enembe Bersikap Kooperatif Saat Ditangkap

Pengecekan aki dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti meraba permukaan body aki dan memastikan tidak menggembung yang mengindikasikan bahwa kondisi aki sudah mulai rusak. Lalu gunakan juga voltmeter untuk memantau voltase aki motor yang pada kondisi normal berada dikisaran angka 12,4 volt. 

4. Cek Filter Udara 

Komponen filter udara juga dinilai perlu untuk dilakukan pengecekan setelah berkendara jauh. Pasalnya, jika filter udara kotor dan tidak segera dibersihkan, maka tarikan motor akan terasa berat dan dalam kasus yang lebih parah bisa membuat mesin motor menjadi tersendat. 

Hal ini tentunya juga akan berdampak pada konsumsi bahan bakar yang menjadi tidak efisien.  Cara melakukan pengecekan filter udara cukup mudah, pemilik kendaraan hanya perlu membuka box filter udara dengan obeng. 

Biasanya, penggantian filter udara dilakukan setiap 12.000 – 15.000 kilometer atau per 12 – 15 bulan pemakaian.

BACA JUGA:Teddy Minahasa Dikawal Ketat Puluhan Polisi Saat Tiba di Kejari Jakbar

BACA JUGA:Kemenag RI Buka Pendaftaran SNPDB Untuk Madrasah Aliyah Tahun Ajaran 2023/2024

5. Cek Kampas Rem

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: