Jokowi Resmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan, Minahasa, Habiskan Anggaran Rp 1,9 Triliun

Jokowi Resmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan, Minahasa, Habiskan Anggaran Rp 1,9 Triliun

Jokowi Resmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan, Minahasa-Setkab-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Dalam kunjungan kerjanya ke Sulawesi Utara, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan yang terletak di Kabupaten Minahasa Utara, Kamis 19 Januari 2023. 

Bendungan yang dibangun sejak tahun 2016 ini memiliki kapasitas 26 juta meter kubik dan selesai di tahun 2023 ini.

BACA JUGA:LPSK Diminta Tidak Intervensi Jaksa, Kejagung : Hukuman Richard Sudah Lebih Rendah dari Ferdy Sambo

BACA JUGA:Morbidelli: Saya Tidak Pernah Merasa Posisi Saya Teramcam Oleh Toprak Razgatlioglu

“Bendungan Kuwil Kawangkoan ini dibangun sejak 2016, artinya sudah lima setengah tahun, dibangun dengan anggaran Rp1,9 triliun. Ini akan memiliki kapasitas tampung 26 juta meter kubik, dengan luas genangan 157 hektare,” ujar Jokowi dalam keterangannya..

Jokowi juga menyampaikan, tak hanya untuk keperluan irigasi lahan pertanian, Bendungan Kuwil juga bermanfaat untuk mereduksi banjir di wilayah Sulawesi Utara.

“Kalau enggak dihentikan di sini, airnya bisa lari dan bisa menyebabkan Manado banjir, seperti kita ingat pernah 2014 di Manado pernah banjir bandang,” jelasnya.

BACA JUGA:Soal Isu Perselingkuhan Brigadir J dengan Putri Candrawathi, Kejagung : Hanya Bumbu dari Keterangan Saksi Ahli

BACA JUGA:KPU Segera Bentuk Tim Seleksi Calon Komisioner Daerah Secara Tertutup

Selain itu, bendungan ini juga dapat digunakan untuk pembangkit listrik tenaga mikrohidro yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

“Jadi Bendungan Kuwil ini bisa dimanfaatkan untuk pembangkit listrik tenaga mikrohidro, yang menghasilkan tenaga listrik 2 kali 0,70 megawatt. Meskipun kecil, tetapi bisa menjadi pembangkit listrik tenaga mikrohidro,” terangnya.

BACA JUGA:Terungkap Alasan JPU Tak Mendakwa Perselingkuhan Putri Candrawathi dan Brigadir J, 'Ada Bumbu dari Poligraf'

BACA JUGA:Ini Penampakan Mobil Honda Civic Generasi Pertama, Honda Pamerkan di Dreams Cafe

Selain mereduksi banjir, Bendungan Kuwil juga akan menambah pasokan air baku bagi Provinsi Sulawesi Utara khususnya Kota Manado, Kota Bitung, dan Kabupaten Minahasa Utara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: