Ini Sejarah Hari Gizi Nasional yang Diperingati Setiap 25 Januari

Ini Sejarah Hari Gizi Nasional yang Diperingati Setiap 25 Januari

Sejarah Hari Gizi Nasional---Pixabay

- Membersihkan Lingkungan

GERMAS memang merupakan gerakan yang bisa Anda mulai secara mandiri dari aktivitas sehari-hari.

BACA JUGA:Kenalin Nih Claudia, Pacar Pemain Baru Arsenal yang Dinobatkan Sebagai Ratu 'Goyang Ngebor'

Tema Hari Gizi Nasional 2023

Setiap tahun, Kementerian Kesehatan mengangkat tema yang jadi perhatian penting. Untuk 2023, tema yang diambil Hari Gizi Nasional ke-63 adalah Protein Hewani Cegah Stunting.

"Terkait Hari Gizi Nasional 2023, Kemenkes bersama lintas sektor dan organisasi seperti POGI, Persagi, Pergizi Pangan juga kementerian lembaga lain sudah sepakat tahun in tema HGN adalah Protein Hewani Cegah Stunting," kata Plt. Direktur Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) Kementerian Kesehatan, Ni Made Diah.

Alasan mendasar tema tersebut diambil lantaran masih tingginya kasus stunting di Indonesia. Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar 2018 ada 30 persen anak RI yang stunting. Lalu, lewat intervensi pada 2021 terjadi penurunan angka stunting di 24,4 persen berdasarkan survei Studi Status Gizi Indonesia (SSGI).

Namun, angka 24 persen itu masih dalam kategori tinggi. Maka itu pemerintah menargetkan bisa mencapai di bawah 14 persen pada 2024.

BACA JUGA:Geger! Billy Syahputra Minta Restu Orangtua Demi Persunting Ayu Ting-ting: 'Janda Anak Satu Lho'

Akibat dari tema tersebut, pembahasan protein hewani layaknya susu, aneka ikan, telur, dan daging-dagingan menjadi pokok utama sebagai langkah penurunan risiko stunting atau kekurangan gizi kronis.

Adapun pengambilan tema tersebut dipertimbangkan dari Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) dan Food and Agriculture Organization of United States menunjukkan bahwa konsumsi protein hewani di Indonesia masih terbilang rendah di taraf global.

Oleh karena itu akhirnya tema tersebut ditetapkan Kemenkes sebagai tema untuk tahun ini. Selain itu, Hari Gizi Nasional juga membuat program dalam panduan gizi sehat seimbang bernama Isi Piringku.

Adanya Hari Gizi Nasional bisa jadi momentum bagi banyak pihak untuk galang kepedulian serta meningkatkan komitmen berbagai pihak untuk bangun gizi bangsa Indonesia seperti disampaikan Plt. Direktur Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) Kementerian Kesehatan Ni Made Diah.

"HGN ini momentum penting menggalang kepedulian dan meningkatkan komitmen dari berbagai pihak untuk bersama-sama membangung gizi menuju bangsa sehat berpresastis melalui gizi seimabng dan produksi pangan berkelanjutan," kata Made Diah dalam temu Media beberapa hari lalu.

Demiikian informasi mengenai sejarah Hari Gizi Nasional yang jatuh pada tanggal 25 Januari setiap tahunnya. Semoga tujuan diadakannya peringatan untuk meningkatkan gizi masyarakat Indonesia segera terwujud.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: