Catat! Program B35 Segera Diluncurkan Besok, Menko Airlangga: Bisa Hemat Devisa Ratusan Triliun Rupiah

Catat! Program B35 Segera Diluncurkan Besok, Menko Airlangga: Bisa Hemat Devisa Ratusan Triliun Rupiah

BBM Solar B35 yang berlaku pada 1 Februari tersebut nantinya akan masuk dalam kategori BBM subsidi yang akan mendapatkan pembatasan dalam pembeliannya hanya 20 liter perhari.-esdm-

Sebagai wujud nyata komitmen Pemerintah dalam mempercepat transisi energi inklusif dan berkelanjutan, mulai 1 Februari 2023 tingkat campuran mandatori biodiesel akan kembali dinaikkan menjadi 35 persen (B35).

“Hari ini kita meningkatkan mandatori biodiesel dan ini sebagai substitusi bahan bakar solar yang digunakan di mesin diesel, dan juga membawa Indonesia dengan energi yang ramah lingkungan,” jelas Airlangga.

Airlangga menambahkan, pemerintah mendorong BUMN seperti Pertamina dan PLN untuk menggunakan produk yang lebih sustainable dan mendorong ini menjadi Key Performance Indicator dari para Direksi yang bergerak di bidang energi.

BACA JUGA:BNN Kembali Buka Suara Soal Isu Legalitas Ganja Untuk Kesehatan, 'Ganja Sudah Tidak Ada Lagi Kontroversi'

BACA JUGA:Anggota Polisi Ditemukan Tewas di Kantor Polisi Kepulauan Seribu

Berkaca dari implementasi B30 pada 2022, telah disalurkan biodiesel sebesar lebih dari 10,5 juta kiloliter. Hal tersebut telah mampu menghemat devisa sekitar USD 8,34 miliar atau setara lebih dari Rp122 triliun. 

Program B30 juga menyerap tenaga kerja lebih dari 1,3 juta orang serta pengurangan emisi Gas Rumah Kaca sekitar 27,8 juta ton CO2.

Lebih lanjut, program B35 juga melibatkan dukungan program biodiesel yang meliputi kecukupan pasokan, program insentif dari sawit berupa pungutan ekspor CPO dan turunannya yang dikelola oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa sawit, serta monitoring dan evaluasi secara berkala.

BACA JUGA:Muhammadiyah Tetapkan Puasa Ramadan Jatuh Pada 23 Maret 2023, Kapan Hari Raya Idul Fitri?

BACA JUGA:BMKG Beri Peringatan Dini Cuaca Hujan di Sejumlah Kota Besar

”Kita harapkan semuanya bisa bergabung bersama-sama solid dalam menjalankan kebijakan Pemerintah untuk mendukung kebijakan-kebijakan terkait implementasi B35,” terang Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Musdhalifah Machmud.

“Bukan hanya energy mix tapi kita mendukung penciptaan lapangan kerja baru, menciptakan penurunan emisi gas rumah kaca, melakukan save terhadap devisa negara untuk pemulihan energi fosil dari luar, kita juga menjalankan energi biru untuk rakyat kita agar bisa menghirup udara yang lebih baik,” tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: