Waspada Banjir Rob di Jakarta Utara Hingga 6 Februari Mendatang

Waspada Banjir Rob di Jakarta Utara Hingga 6 Februari Mendatang

Bencana banjir dan longsor di Manado-twitter/@BajulCoin-

JAKARTA, DISWAY.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengimbau warga untuk mewaspadai kemungkinan banjir pesisir (rob) hingga 6 Februari 2023 mendatang di beberapa wilayah Jakarta Utara. 

"Adanya fenomena fase full moon berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum yang berpotensi menyebabkan banjir pesisir (rob)," kata Kepala Satuan Pelayanan Pengolahan Data dan Informasi Kebencanaan BPBD DKI Jakarta Michael Sitanggang dalam keterangannya, Jumat, 3 Februari 2023.

Banjir rob tersebut diperkirakan terjadi pada 2 Februari 2023 hingga 6 Februari 2023, setiap pukul 07.00 WIB sampai jam 10.00 WIB.

BACA JUGA:18 Produk Launching di IIMS 2023, Formula 1 Powerboat Ikutan Mejeng

BACA JUGA:Pihak Putri Candrawathi Tuding JPU Terlalu Lelah: Kosong Sana-Sini!

Banjir rob tersebut, diperkirakan akan berdampak pada sembilan wilayah seperti Kamal Muara, Kapuk Muara dan Penjaringan. 

"Kemudian juga di wilayah Pluit, Ancol, Kamal, Marunda, Cilincing dan Kalibaru," lanjutnya. 

Selain itu, masyarakat juga dapat memantau informasi terkini mengenai gelombang air laut di laman bpbd.jakarta.go.id/gelombanglaut.

"Bila menemukan keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan, segera hubungi call center Jakarta siaga 112," pungkas Michael.

BACA JUGA:Kampung Boncos Kembali Digerebek, Dua Bandar Transaksi Melalui HP

BACA JUGA:BBM Naik Lagi, Ini Update Harga Pertamina, BP, Vivo dan Shell Pertanggal 1 Februari

Sedangkan dalam mengatasi banjir rob tersebut, pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menargetkan proyek tanggul laut raksasa di pesisir Ibu Kota atau National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) seluas 21,8 Km rampung pada 2027 sebagai solusi atasi banjir rob Jakarta.

"Ini yang namanya NCICD, ada pembangunan tanggul pantai dan ada NCICD yang tanggul laut di tengah laut," jelas Heru Budi Hartono selaku Penjabat Gubernur (PJ) DKI Jakarta.

"Untuk yang di Kalibaru namanya tanggul pantai, yang pada saat saya statement peresmian waduk di Bogor, itu tugasnya pemerintah daerah 22 km kurang lebih. Sekarang sudah dijalankan, sampai nanti 2027," kata Heru Budi di Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara, Jumat, 20 Januari 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: