Gelar Kirab Toa Pe Kong, Ribuan Warga Padati Chinatown Glodok

Gelar Kirab Toa Pe Kong, Ribuan Warga Padati Chinatown Glodok

Kirab Toa Pe Koang di Festival Cap Go Meh 2023-Intan Afrida Rafni-

JAKARTA, DISWAY. ID - Ribuan warga dari berbagai wilayah, khususnya warga yang tinggal di Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat memadati salah satu lokasi wisata Chinatown yang ada di Jakarta.

Bukannya tanpa sebab, ribuan warga tersebut mendatangi kawasan Chinatown untuk turut ikut serta merayakan Festival Cap Go Meh 2023 di Jalan Pancoran, Glodok, Taman Sari, Jakarta Barat, Minggu, 5 Februari 2023.

Salah satu yang ditunggu-tunggu oleh warga, yakni Kirab Toa Pe Kong yang mana kirab ini menjadi puncak perayaan Tahun Baru Imlek.

BACA JUGA:Lulusan IT Merapat, PT Pegadaian Buka Lowongan Kerja untuk 5 Posisi, Cek Syaratnya

Adapun Kirab Toa Pe Kong di kawasan Chinatown, Glodok ini berlangsung dari pukul 12.55 WIB dengan diikuti sebanyak 23 tandu dari Klenteng Fat Cu Kung Bio.

Tentunya iring-iringan kirab yang disertai dengan atraksi barongsai ini menyita perhatian pengunjung di Chinatown, Glodok.

Berdasarkan pantauan Disway.id, para pengunjung tanpa antusias menyaksikan kirab tersebut. Banyak dari mereka yang mengabadikan momen itu dengan menggunakan telepon genggamnya.

Salah satunya adalah pria asal Glodok, Taman Sari, Jakarta Barat. Pria yang bernama Hendri (37) ini sengaja mendatangi Chinatown bersama keluarganya untuk menyaksikan Kirab Toa Pe Kong.

"Saya datang sama keluarga. Sengaja kesini karena katanya ada festival, ya sudah saya ajak aja keluarga saya sekalian jalan-jalan," ujar Hendri kepada Disway.id.

BACA JUGA:30 Link Twibbon Cap Go Meh 2023 Gratis, Semarakkan Tahun Kelinci Air di Sosial Mediamu!

Tidak hanya itu, tambah Hendri, dia mengaku senang karena ini merupakan pertama kalinya mengajak keluarganya jalan-jalan setelah dua tahun pandemi.

"Dibilang senang, pasti karena ini pertama kalinya saya ajak keluarga keluar setelah pandemi tapi enggak nyangka aja bakalan seramai ini," jelasnya.

Hal senada juga sama dilontarkan oleh pengunjung lainnya, Maya (28). Sebagai warga yang asli keturunan dari Tionghoa mengaku senang akhirnya bisa merayakan Cap Go Meh dengan Kirab Toa Pe Kong.

Maya yang datang bersama dengan sepupunya berharap melalui kirab Toa Pe Kong bisa mendapatkan keberkahan dari para dewa.

"Senang karenakan kemarin sempat pandemi Covid, jadi kami ngerayainnya cuma bisa dirumah doang. Saya berharap semoga bisa mendapatkan keberkahan dari kirab ini," kata Maya.

BACA JUGA:Jelang Mudik Lebaran, Korlantas Polri Tambah 34 Titik Kamera Tilang Elektronik, Cek Lokasinya?

Diketahui, perayaan Cap Go Meh ini merupakan salah satu perayaan Tahun Baru Imlek yang selalu dilakukan tepat dihari ke-15 setelahnya.

Adapun perayaan Cap Go Meh 2023 ini berlangsung dengan kirab Toa Pe Kong dengan rute kirab mulai dari Fat Cu Kung Bio lalu belok kiri ke Jalan Kemenangan III dan menuju Jalan Toko Tiga.

Kemudian, belok kanan ke Jalan Perniagaan Timur dan belok kanan lagi untuk melewati kolong Flyover Pasar Pagi.

Setelah itu, belok kanan ke Jalan Pintu Kecil Dan terus ke Jalan Pancoran. Kemudian, putar balik di sepan Gapura China Town dan belok kiri ke Jalan Kemenangan Raya.

Lalu rute selanjutnya belok kanan depan Wihara Dharma Bhakti ke Jalan Kemenangan III, belok kanan Sekolah Ricci dan berakhir di Fat Cu Kung Bio.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: