Dukungan Polri Terhadap Kemerdekaan Pers, Singgung Etika Jurnalistik

Dukungan Polri Terhadap Kemerdekaan Pers, Singgung Etika Jurnalistik

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo-Dok Humas Polri-

Sementara itu, Ketua Dewan Pers, Ninik, menyebutkan kerjasama antara Polri dengan Dewan Pers tentang perlindungan kemerdekaan pers karena seringkali muncul fenomena penyalahgunaan profesi wartawan terlebih memasuki tahun politik.

BACA JUGA:Wanita 51 Tahun Tewas di Jakarta Utara, Ditemukan Pistol di Dekat Mayat, Istri Polisi? Ini Kata Kapolsek Penjaringan

BACA JUGA:Balon Putih

"Dengan adanya sosialisasi tentang perlindungan kemerdekaan pers dapat meningkatkan pengawasan tentang publikasi konten dan penyiaran berita," sebutnya.

Pada kesempatan itu Akademisi yang juga mantan Ketua Dewan Pers, Prof Bagus Manan, menambahkan kemerdekaan pers merupakan ukuran peredaran suatu bangsa. Dimana pada semangat reformasi 1998 merebut kembali kebebasan.

"Ada 12 pendekatan etik memperkuat Good Governance yakni tidam mementingkan diri sendiri, integritas, objektif, tanggung jawab, terbuka, kejujuran, kepemimpinan baik, dedikasi, terpercaya, taat hukum, cara-cara baik, dan dasar kebajikan," bebernya.

"Namun dari semua itu yang harus dimiliki adalah etika menjadi sesuatu yang terdepan dan merupakan standar kebaikan di ruang publik," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: