KKP Bentuk Peta Strategi di Sektor Kelautan dan Perikanan di Tengah Isu Resesi

KKP Bentuk Peta Strategi di Sektor Kelautan dan Perikanan di Tengah Isu Resesi

Suasana Diskusi Bincang Bahari KKP-Istimewa-

JAKARTA, DISWAY.ID - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) adakan Bincang Bahari KKP dengan tema 'Peta Sektor Kelautan dan Perikanan di Tengah Isu Resesi'.

Dalam diskusi tersebut membahas mengenai tantangan dan persaingan pasar di tengah krisis global yang sudah santer diberitakan saat ini.

Co-Founder dan Chief Sustainability Aruna, Utari Octavianty mengatakan strategi hilirisasi yang tengah dirancang oleh pemerintah merupakan hal yang tepat.

BACA JUGA:PDIP Kecam Pemprov DKI Beli Mobil Listrik: Bukan Solusi, Tetap Saja Timbulkan Kemacetan dan Polusi!

Dirinya menilai hilirisasi menjadi sebuah solusi dalam merevolusi industri perikanan dan kelautan Indonesia.

"Hilirisasi adalah hal yang positif dimana pastinya akan memberikan value added bagi industri perikanan Indonesia. Selain itu, pelaku bisnis juga harus saling terkoneksi untuk membantu mewujudkan hilirisasi ini. Kami di Aruna mendukung penuh upaya ini salah satunya dengan mengoptimalkan hasil tangkapan nelayan serta menyajikan diversifikasi komoditas tangkapan Nelayan Aruna yang tentunya sesuai dengan kebutuhan pasar," katanya dalam diskusi, Selasa 21 Februari 2023.

BACA JUGA:Opang Tusuk Janda 19 Kali di Kamar Penginapan Jaktim, Aksinya Kepergok Kuli Bangunan: Pak Itu Kenapa Penuh Darah?

Disebutkannya, pelaku bisnis khususnya sektor perikanan dan kelautan harus mampu memilah produk-produk mana yang tepat untuk di ekspor dan mana yang tidak.

Selain itu, harus jeli menciptakan potensi market di negara sendiri. Tingkat konsumsi ikan di Indonesia harus digarap agar konsumsi ikan di negara sendiri meningkat dan kesehatan gizi masyarakat Indonesia juga meningkat.

Sementara, Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (Ditjen PDSPKP), Ishartini mengungkapkan strategi perencanaan yang baik dapat meminimalisir kondisi tidak menentu.

"Strategi perencanaan yang baik tentu dapat meminimalisir dampak dari kondisi yang tak menentu ini," tuturnya.

"Didukung fokus pemerintah Indonesia saat ini, khususnya strategi hilirisasi, diharapkan industri perikanan dan kelautan dapat tetap bertumbuh, mengingat sektor perikanan masuk ke dalam 8 sektor fokus pemerintah. Menjawab apa yang dibutuhkan oleh pelaku industri tersebut, kami juga tengah mengupayakan hilirisasi yang pun didukung dengan sarana prasarana logistik yang memadai, terlebih untuk rantai supply chain end-to-end khususnya untuk produk perikanan." tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: