Surya Paloh Sebut AHY Pantas Jadi Cawapresnya Anies Baswedan

Surya Paloh Sebut AHY Pantas Jadi Cawapresnya Anies Baswedan

Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh di Kantor DPP Partai Demokrat-Intan Afrida Rafni-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh menyebutkan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) adalah sosok yang pantas untuk menjadi calon wakil presiden (cawapres) dari Anies Baswedan.

Hal tersebut disampaikan langsung olehnya saat konferensi pers di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat, Rabu, 22 Februari 2023.

"Kalau (AHY) ditanya pantas, sekali lagi saya katakan, lebih dari pantas," ujar Surya Paloh yang disambut dengan tawa oleh kader elit Partai Demokrat dan NasDem. 

BACA JUGA:AHY dan Surya Paloh Kompak Tolak Sistem Proporsional Tertutup

Meskipun begitu, Surya Paloh menjelaskan terkait Cawapres, dirinya tetap akan menyerahkan semuanya ke Capres yang diusungnya, yakni Anies Baswedan. 

"Dari awal saya katakan mengenai masalah pelaksanaan cawapres, dari sejak awal deklarasi, diserahkan kepada capres," kata Surya Paloh. 

"Ini masalah bagaimanapun juga keputusan akhir ada di tangan capres," lanjutnya. 

Disisi lain, Capres dari Partai NasDem, Anies Baswedan sempat membeberkan 5 kriteria Cawapres yang pantas untuk mendapinginya. 

Adapun kriterian Cawapres Anies di Pemilu 2024 antara lain, pertama mendukung elektibilitas, kedua memperkuat soliditas koalisi dan ketiga membantu fektifitas dapam menjalankan pemerintahan.

BACA JUGA:Tegas! Sri Mulyani Respons Kasus Anak Pejabat Ditjen Pajak yang Suka Pamer Kemewahan dan Aniaya Remaja

Sedangkan syarat keempat adalah bisa bekerja sebagai dwi tunggal dan tidak sendiri-sendiri serta kelima sepaham dengan misi demi keadilan.

Akan tetapi, dari lima kriteria ini, Anies Baswedan mengaku bahwa dirinya belum menemukan sosok yang tepat untuk mendampinginya sebagai cawapres 

Namun, status dirinya saat ini telah berhasil memenuhi persyaratan maju sebagai Capres di Pemilu 2024. 

Hal tersebut dikarenakan dirinya sudah mendapatkan presidential threshold dalam Pilpres 2024 sebesar 20 persen kursi parlemen atau 25 persen suara sah nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: