Catat! Ini Jumlah Waktu Olahraga yang Anda Butuhkan per Hari Agar Dapat Kurangi Risiko Kematian Dini

Catat! Ini Jumlah Waktu Olahraga yang Anda Butuhkan per Hari Agar Dapat Kurangi Risiko Kematian Dini

Jam Olahraga yang Tepat per Hari-alexceban-Pixabay

JAKARTA, DISWAY.ID - Ternyata manusia hanya butuh 11 menit aktivitas aerobik intensitas sedang hingga kuat setiap hari agar dapat menurunkan risiko kematian dini.

Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine menjelaskan bahwa dengan berolahraga 11 menit saja setiap hari mampu mencegah risiko kanker, dan juga penyakit kardiovaskular.

Aktivitas aerobik mencakup olahraga seperti jalan cepat, lari, bermain tenis, bersepeda, menari, dan mendaki, dan tingkat intensitas dapat diukur dengan detak jantung dan seberapa keras Anda bernapas.

BACA JUGA:3 Tips Berkendara Nyaman dan Aman dari Hyundai

Intensitas yang sedang dapat ditandai dengan kemampuan untuk berbicara tetapi tidak bernyanyi, sedangkan intensitas yang kuat akan membuat Anda tidak dapat melakukan percakapan.

Penulis penelitian menegaskan kembali sikap Organisasi Kesehatan Dunia bahwa melakukan beberapa aktivitas fisik setiap hari lebih baik daripada tidak melakukan sama sekali – bahkan jika itu bukan jumlah total olahraga yang disarankan.

“Satu dari 10 kematian dini dapat dicegah jika setiap orang mencapai bahkan setengah dari tingkat aktivitas fisik yang direkomendasikan,” tulis para penulis, dikutip dari laman New York Post.

Selain itu para penulis menambahkan bahwa 10,9 persen dan 5,2 persen dari semua kasus insiden menyebutkan penyakit kardiovaskular dan kanker dapat dicegah.

BACA JUGA:Tips Cara Kirim Gambar Ukuran Besar di WhatsApp Dengan Mudah

Para ilmuwan dari University of Cambridge Inggris mengumpulkan data dari 196 studi yang mengamati lebih dari 30 juta peserta dewasa selama rata-rata 10 tahun.

Para peneliti ingin melihat bagaimana tingkat risiko kematian dini dan penyakit kronis dipengaruhi oleh jumlah olahraga yang dilakukan seseorang dalam sehari.

Partisipan yang telah melakukan olahraga minimal 150 menit setiap minggu (22 menit per hari), yang direkomendasikan oleh National Health Service, menjadi fokus utama penelitian.

Di luar aktivitas fisik terkait pekerjaan, 2 dari 3 orang berpartisipasi dalam aktivitas fisik intensitas sedang kurang dari 150 menit per minggu, sementara kurang dari 1 dari 10 dilaporkan aktif selama lebih dari 300 menit per minggu.

BACA JUGA:Tips Waspada dan Cerdas Berkendara Aman di Musim Hujan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: