Jakarta Selatan dan Timur Zona Menengah Berpotensi Longsor, Simak Wilayahnya!

Jakarta Selatan dan Timur Zona Menengah Berpotensi Longsor, Simak Wilayahnya!

Instagram BPBD DKI Jakarta-Instagram BPBD DKI Jakarta-Instagram BPBD DKI Jakarta

JAKARTA, DISWAY.ID-- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta memperkirakan adanya potensi tanah longsor di wilayah DKI Jakarta akibat curah hujan di atas normal.

Terdapat dua wilayah di DKI Jakarta yang berpotensi terjadinya tanah longsor yakni di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur yang masuk dalam zona menengah.

BPBD memperkirakan wilayah potensi terjadinya gerakan tanah berdasarkan hasil tumpang susun antara peta kerentanan gerak tanah dan data curah hujan bulanan yang diperoleh dari BMKG.

BACA JUGA:Kakorlantas Tegaskan Hukuman Mario Dendy Bisa Diperberat Terkait Penggunaan Pelat Palsu

"Prakiraan wilayah potensi terjadi gerakan tanah disusun berdasarkan hasil tumpang susun (overlay),” tulis akun resmi Instagram Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi DKI Jakarta dikutip Disway.Id, Jumat 3 Maret 2023.

“Antara peta zona kerentanan gerakan tanah dengan peta prakiraan curah hujan bulanan yang diperoleh dari BMKG," Lanjut akun tersebut.

Pada zona menengah dapat terjadi gerakan tanah dikarenakan jika curah hujan di atas rata-rata atau di atas normal. Terutama berdasarkan wilayah-wilayah yang berdekatan dengan sungai, lembah sampai tebing jalan.

“Zona menengah dapat terjadi gerakan tanah jika curah hujan di atas normal, terutama pada daerah yang berbatasan dengan lembah sungai, gawir, tebing jalan. Sementara untuk zona tinggi dapat terjadi gerakan tanah lama,” tulis akun Instagram BPBD DKI Jakarta.

Menurut BPBD DKI Jakarta dalam keterangan tertulisnya, menghimbau kepada pejabat daerah seperti Lurah, Camat serta masyarakat untuk mengantisipasi terjadinya gerakan tanah pada saat hujan di atas normal.

BACA JUGA:Diperintah Tunda Pemilu Hingga 2025, Ketua KPU: Kami Akan Lakukan Upaya Hukum Ke Pengadilan Tinggi

"Untuk itu, kepada lurah, camat, dan masyarakat diimbau untuk tetap mengantisipasi adanya potensi gerakan tanah pada saat curah hujan di atas normal," ujarnya.

Menurut Informasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, berikut beberapa daerah di Provinsi DKI Jakarta yang berada di zona menengah yaitu:

1. Jakarta Selatan, meliputi wilayah Kecamatan Cilandak, Jagakarsa, Kebayoran Baru, Kebayoran Lama, Mampang Prapatan, Pancoran, Pasar Minggu, dan Pesanggrahan.

2. Jakarta Timur, meliputi wilayah Kramat Jati, dan Pasar Rebo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: