Ma'ruf Amin: 'Semua Pejabat Wajib Setorkan LHKPN dengan Jujur!'

Ma'ruf Amin: 'Semua Pejabat Wajib Setorkan LHKPN dengan Jujur!'

Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin-Instagram -

JAKARTA, DISWAY.ID - Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin meminta seluruh pejabat di lingkungan kementerian atau lembaga negara dapat menyetorkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Semua pejabat diminta Ma'ruf Amin untuk jujur dan tepat waktu melaporkan LHKPN mereka masing-masing.

Apalagi tercatat oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bahwa kepatuhan menyetorkan LHKPN di Indonesia masih cukup rendah.

BACA JUGA:KH Ma'ruf Amin Tegaskan Persiapan Pemilu 2024 Tetap Berlanjut: 'Ini Bukan Masalah Mudah'

“Kita terus minta supaya laporan kekayaan itu dilaporkan semuanya. Baik yang eksekutif, tentu terutama juga kita harapkan dari legislatif, juga dari yudikatif," ujarnya.

"Semua harus melaporkan ini dengan jujur,” tutur Ma'ruf Amin menambahkan di Istana Wapres, Jakarta pada Jumat, 3 Maret 2023.

Diketahui bahwa laporan KPK menjelaskan LHKPN untuk jajaran penyelenggara negara di tingkat legislatif baru terdapat sekitar 38 persen.

Kemudian untuk eksekutif 53 persen, dan yudikatif mempunyai tingkat laporan cukup tinggi sebesar 94 persen.

BACA JUGA:Wapres Ma'ruf Amin Ikut Soroti Kasus Mario Dandy, Dukung Menkeu Tindak Tegas Oknum Pejabat Pamer Gaya Hidup Mewah

Wapres Ma'ruf Amin ingin informasi KPK soal setoran LHKPN yang masih rendah supaya dijadikan sebagai pengingat para pejabat negara.

Maka dari itu Ma'ruf Amin memerintahkan semua pejabat segera patuh dalam menjalankan kewajibannya untuk melaporkan LHKPN.

“Apalagi sekarang KPK sudah membuat pernyataan. Nah itu pemerintah akan mendorong terus,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: