Peristiwa Kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jokowi Instruksikan Erick Thohir sampai Heru Budi Lakukan Penanganan Warga Terdampak

Peristiwa Kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jokowi Instruksikan Erick Thohir sampai Heru Budi Lakukan Penanganan Warga Terdampak

Presiden, Joko Widodo.-Foto/Istimewa/BKKBN-

JAKARTA, DISWAY.ID- Dalam peristiwa kebakaran di Depo Pertamina Plumpang, Jumat 3 Maret 2023, pukul 20.10 WIB, banyak masyarakat di lokasi yang terdampak akibat kebakaran tersebut.

Presiden Joko Widodo langsung memberikan perintah kepada Menteri BUMN, Erick Thohir untuk turun tangan untuk memberikan prioritas terhadap masyarakat yang terdampak akibat kebakaran Depo Plumpang.

Tidak hanya kepada Erick Thohir, Jokowi juga memerintahkan kepada Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono untuk meninjau lokasi kebakaran.

BACA JUGA:Usai Depo Pertamina Plumpang Kebakaran, Integrated Terminal Jakarta Tetap Beroperasi

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan, Presiden Joko Widodo sudah memberikan arahan kepada Erick Thohir, sampai Heru Budi Hartono untuk memberikan penanganan khusus bagi korban yang terdampak. 

"Presiden telah memberikan arahan kepada Kapolri, Menteri BUMN, dan Gubernur DKI Jakarta,” ujar Bey Machmudin melalui keterangan tertulis, Sabtu 4 Maret 2023.

“Intinya Presiden minta untuk mengutamakan evakuasi korban dan penanganan warga terdampak," lanjut Bey Machmudin.

BACA JUGA:Kapolri dan Jajaran Hari Ini Pantau Kebakaran Depo Pertamina Pelumpang

Menurut Bey Machmudin, Presiden Joko Widodo tidak mengunjungi Plumpang hari ini. Namun, Presiden sudah melakukan koordinasi kepada Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang akan meninjau lokasi yang terkena dampak kebakaran Depo Pertamina Plumpang hari ini.

"Presiden tidak ke Plumpang hari ini, tetapi Presiden sudah berkoordinasi dengan Wapres yang akan meninjau hari ini," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, pihaknya berkerja sama dengan pihak terkait untuk melakukan evakuasi masyarakat yang terkena dampak akibat kebakaran di Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara.

"Pertamina akan memberikan penanganan yang terbaik bagi masyarakat terdampak," ucap Nicke Widyawati dalam keterangan tertulis diterima, Sabtu 4 Maret 2023.

Menurut Nicke Widyawati pihaknya akan melakukan evaluasi menyeluruh di Internal demi menghindari kejadian kebakaran hebat yang terjadi di Depo Pertamina Plumpang agar tidak terulang kembali. Pihaknya juga meminta maaf atas kejadian tersebut.

"Kami akan melakukan evaluasi dan merefleksi menyeluruh di internal demi menghindari kejadian serupa terulang," ujar Nicke.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: