Pemerintah Mengalah dan Pindahkan Depo Pertamina Plumpang ke Lahan Pelindo, Erick Thohir: Akan Jadi Proyek Percontohan

Pemerintah Mengalah dan Pindahkan Depo Pertamina Plumpang ke Lahan Pelindo, Erick Thohir: Akan Jadi Proyek Percontohan

Pasca terbakarnya depo Pertamina Plumpang pada Jumat 3 Maret 2023, akhirnya pemerintah mengalah dan pindahkan depo Pertamina Plumpang ke lahan Pelindo. -googlemap-

JAKARTA, DISWAY.ID –  Pasca terbakarnya depo Pertamina Plumpang pada Jumat 3 Maret 2023, akhirnya pemerintah mengalah dan pindahkan depo Pertamina Plumpang ke lahan Pelindo.

Musibah terbakarnya Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Plumpang milik pertamina yang memakan korban hingga 19 jiwa tersebut disinyalir akibat adanya kebocoran saat pengisian bahan bakar Pertamax.

Pihak pemerintah melalui Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir mengungkapkan akan segera memindahkan TBBM Plumpang ke lahan Pelindo di wilyah Tanjung Priok.

BACA JUGA:Anies Baswedan Terbitkan IMB di Sekitar Depo Plumpang, Ketua Komisi D DPRD DKI: Karena Ketidaktahuannya?

BACA JUGA:David Ozora Sudah Sadarkan Diri, Jonathan Latumahina: Aku Tahu Kamu Marah Gunakan Untuk Penyembuhan, Istighfar…

Erick menyampaikan bahwa pemindahan TBBM Plumpang diharapkan akan menjadi percontohan bagi fasilitas vital nasional, termasuk TBBM lain serta kilang-kilang Pertamina di tempat lain.

“Tak hanya TBBM pertamina, namun proyek ini akan jadi percontohan terhadap semua vasilitas vital lainnya termasuk pabrik pupuk dan smelter,” ungkap Erick.

Menurut Erick menjelaskan bahwa pembangunan TBBM pengganti Depo Plumpang nantinya akan dibangun di lahan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) dimulai akhir 2024. 

“Pembangunan depo Pertamina tersebut saat ini sedang kesiapan lahan,” terang Erick.

BACA JUGA:Teddy Sambo

BACA JUGA:Strategi Luhut Binsar Panjaitan Tarik Elon Musk Masuk ke Indonesia, Ribuan EV Langsung Dapat Subsidi

Sebelumnya Erick juga mengungkapkan bahwa area netral atau buffer zone depo Pertamina Plumpang sangat tipis dengan perumahan warga.

Erick menyampaikan jika buffer zone depo Pertamina Plumpang dalam batas sangat aman hingga tahun 1987 dan saat ini jaraknya menjadi sangat tipis.

"Kondisi objek vital nasional mempunyai buffer zone yang sangat tipis, di mana pada tahun ’71 hingga 87 buffer zone depo Plumpang Pertamina sangat aman," kata Erick.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: