Habib Rizieq Menolak Keras Timnas Israel di Piala Dunia U-20 di Indonesia: Bung Karno Saja Mati-matian Menolak!

Habib Rizieq Menolak Keras Timnas Israel di Piala Dunia U-20 di Indonesia: Bung Karno Saja Mati-matian Menolak!

Habib Rizieq Shihab--

"Dulu bung Karno mati-matian menolak penjajahan Israel, bapak bangsa kita yang bilang loh," terangnya.

Warga Solo Tolak Kedatangan Timnas Israel

Penolakan serupa juga datang dari sejumlah warga yang tergabung dalam Aliansi Solo Raya menolak kehadiran timnas Israel di Indonesia saat Piala Dunia U-20 tahun 2023 yang akan digelar di kota Solo.

Mereka menggelar audiensi di DPRD Kota Solo pada Selasa 7 Maret 2023 dan menyampaikan surat kepada Presiden Jokowi dan Ketua DPR RI Puan Maharani.

BACA JUGA:Erick Thohir Tanggapi Ikut Serta Israel Pada Ajang Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia: Kami Fokus Penyelenggaraan, Kalau Itu Domain Pemerintah

Menurut mereka, Israel telah melanggar berbagai resolusi PBB maupun perjanjian perdamaian dengan Palestina. Mereka juga menuding Israel sebagai negara penjajah dan pelaku kejahatan kemanusiaan. 

Mereka meminta pemerintah Indonesia untuk tidak memberikan visa kepada timnas Israel dan memboikot pertandingan mereka.

“Kami mengirimkan surat kepada Pak Presiden Jokowi, dan Mbak Puan Maharani selaku Ketua DPR RI lewat DPRD Solo. Kami minta agar pemerintah Indonesia tidak memberikan visa kepada timnas Israel dan memboikot pertandingan mereka,” kata salah satu perwakilan Aliansi Solo Raya.

Lantas bagaimana tanggapan PSSI mengenai polemik ini?

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan, bahwa batasan federasi dalam hal ini hanya fokus pada penyelenggaraan dan persiapan tim nasional Indonesia di ajang tersebut.

"Kalau PSSI fokusnya ke penyelenggaraan. Kami fokus di situ dan fokus mempersiapkan tim. Kalau urusan politik, itu domainnya bukan di kami. Itu jelas domainnya pemerintah," kata Erick Thohir.

BACA JUGA:Piala Dunia U-20 di Indonesia Terancam Gagal, Pemerintah Pusat Diminta Turun Tangan, Seluruh Stadion Tak Penuhi Standar FIFA!

Erick Thohir juga menambahkan kalau pemerintah pusat dan pemerintah daerah yang menjadi venue telah membuat perjanjian Host City Agreement, yang terdapat perihal keamanan para peserta Piala Dunia U-20, termasuk timnas Israel U-20. 

"Pak Menpora [Zainuddin Amali] menyatakan sudah ada Host City Agreement antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah," ujarnya.

Pemerintah Pusat Buka Suara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: