Wajib Ditiru! Cara Konsumi Garam yang Benar Ala Nabi Muhammad SAW, Dijamin Jadi Sehat

Wajib Ditiru! Cara Konsumi Garam yang Benar Ala Nabi Muhammad SAW, Dijamin Jadi Sehat

Cara Konsumsi garam yang benar ala Nabi Muhammad SAW-dok disway-disway.id

JAKARTA, DISWAY.ID - Garam adalah salah satu bahan makanan yang penting dalam kehidupan sehari-hari. 

Namun, konsumsi garam yang berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke

Oleh karena itu, dalam Islam, Nabi Muhammad SAW memberikan panduan tentang cara konsumsi garam yang benar agar kesehatan tetap terjaga.

BACA JUGA:Lina Mukherjee Dianggap Menista Agama saat Pamer Makan Babi di Tiktok, Ustadz Abdul Somad Jelaskan Hukum dalam Islam

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Rasulullah SAW pernah bersabda, 

“Tidak ada makanan yang lebih baik daripada makanan yang dicicipi dengan tangan (menggunakan jari), dan tidak ada garam yang lebih baik daripada garam yang dicicipi dengan jari.” (HR. Muslim)

Dari hadits tersebut, dapat disimpulkan bahwa Nabi Muhammad SAW mengajarkan umatnya untuk mengonsumsi garam dengan cara yang benar, yaitu dengan mencicipi garam menggunakan jari tangan. 

Dalam hal ini, tangan yang digunakan untuk mencicipi garam sebaiknya dalam keadaan bersih, sehingga tidak menimbulkan masalah kesehatan.

BACA JUGA:Siap-siap! Pembahasan Penyesuaian Tarif Listrik 2023 Telah Rampung, Naik?

Cara lain untuk mengonsumsi garam yang benar adalah dengan tidak mengonsumsi garam secara berlebihan. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman, “Makan dan minumlah, dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan.” (QS. Al-A’raf: 31)

Dalam hadits lain, Nabi Muhammad SAW juga pernah menyarankan untuk tidak mengonsumsi garam dalam jumlah yang berlebihan. 

Beliau bersabda, “Sesungguhnya makanan terbaik adalah yang dapat dipenuhi oleh tiga bagian, yaitu sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiga untuk bernafas.” (HR. Ahmad)

BACA JUGA:Simak Tata Cara Budidaya Rumput Laut yang Benar Bagi Para Pemula

Dari hadits tersebut, dapat disimpulkan bahwa Nabi Muhammad SAW mengajarkan umatnya untuk mengonsumsi garam dalam jumlah yang seimbang dengan kebutuhan tubuh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: