Dokter Ini Ungkap Rahasia Tersembunyi dari Kunyit, Bisa Redakan Rasa Sakit, Begini Caranya

Dokter Ini Ungkap Rahasia Tersembunyi dari Kunyit, Bisa Redakan Rasa Sakit, Begini Caranya

Manfaat Rahasia dari Kandungan Kunyit---Pixabay

JAKARTA, DISWAY.ID - Dr Michael Mosley menyebut kunyit tidak hanya bisa menjaga otak manusia dalam kondisi yang lebih baik, tetapi juga mengurangi rasa sakit.

Namun, Anda perlu mengkonsumsi kunyit bersamaan dengan makanan yang tepat untuk mengaktifkan kekuatannya yang 'mengesankan'.

"Ini (kunyit) telah digunakan dalam pengobatan Ayurveda kuno selama ribuan tahun untuk meringankan masalah hati dan penyakit pencernaan," kata Dr Michael Mosley, dikutip dari laman Daily Express.

BACA JUGA:Ketahuilah, Ini Segudang Manfaat Kunyit untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

“Selama beberapa dekade terakhir, penelitian ilmiah tentang kunyit, dan khususnya, bahan aktifnya - kurkumin - telah meledak, dengan banyak penelitian yang mengeksplorasi efek kesehatan dari bumbu emas ini. Dan beberapa temuan sangat mengesankan," tambahnya.

Ia menyebut hal tersebut karena diyakini kunyit memiliki kekuatan "anti-inflamasi" dan "antioksidan".

Kunyit dapat melakukan lebih dari sekadar melengkapi kesehatan hati dan perut Anda. Itu juga bisa "menghilangkan" rasa sakit.

Curcumin, yang bertanggung jawab atas warna cerah khas kunyit, adalah bahan aktif yang diyakini berada di balik keajaiban bumbu.

BACA JUGA:7 Manfaat Konsumsi Minyak Zaitun Secara Langsung, Baik untuk Jantung dan Pencernaan

Dr Mosley mengundang Dr Benny Antony, dari University of Tasmania di Australia, untuk mengetahui akar dari efek kunyit pada nyeri.

Dr Antony sebelumnya telah melakukan uji klinis dengan 70 peserta dengan nyeri sendi dan pembengkakan untuk mempelajari hubungan ini.

Pakar tamu berkata: “Kami mengacak 35 orang ke dalam kelompok plasebo dan 35 orang ke dalam kelompok aktif, yang menerima ekstrak kunyit.

“Dan kemudian kami mengikuti pasien ini selama 12 minggu dan kami menemukan bahwa peserta yang mengonsumsi ekstrak kunyit mengalami pereda nyeri, dibandingkan dengan kelompok plasebo.

BACA JUGA:7 Manfaat Bunga Telang Ungu yang Belum Banyak Diketahui, Bisa Perbaiki Mood!

Sumber: