Kemenag Ungkap Awal Ramadhan Kamis 23 Maret 2023

Kemenag Ungkap Awal Ramadhan Kamis 23 Maret 2023

Anggota Tim Hisab Rukyat Kemenag, Asadurrahman-Intan Afrida Rafni-

JAKARTA, DISWAY.ID - Anggota Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama (Kemenag), Asadurrahman menyebutkan ada kemungkinan 1 Ramadan 1444 Hijriyah jatuh pada Kamis, 23 Maret 2023.

Hal tersebut disampaikan langsung olehnya lantaran berdasarkan Peta Hilal dan Elongasi di Dunia, tepatnya dari segi ketinggian dan lokasi sudah memenuhi kriteria.

“Dari segi ketinggian sudah memenuhi kriteria, kemudian dari segi lokasi, kita lihat mulai 7 sampai dengan 19 nampaknya dari segi ketinggian dan lokasi hampir seluruh wilayah di dunia ini akan memulai Ramadan-nya,” ujar Asadurrahman di Auditorium HM.Rasjidi Kemenag RI, Jakarta Pusat, Rabu, 22 Maret 2023.

Bahkan dia mengatakan salat Tarawih bisa saja dilaksanakan pada malam ini, Rabu, 22 Maret 2023. Begitu pula dengan ibadah puasa yang sudah bisa dijalani pada Kamis, 23 Maret 2023.

BACA JUGA:Hari Raya Nyepi Taman Impian Jaya Ancol Dipadati Puluhan Ribu Pengunjung

BACA JUGA:Miris, Alissa Wahid, Putri Mantan Presiden Gusdur Dikira TKW Oleh Petugas Bea Cukai Bandara, 'Intimidatif Baget!'

“(Kemungkinan) salat tarawih-nya pada malam hari ini dan akan melaksanakan ibadah puasa mulai fajar besok,” imbuhnya.

Lebih lanjut, melihat dari Rukyat Hilal yang berdasarkan dari kondisi Indonesia saat ini, wilayah Papua sudah mencapai 6,75 derajat.

Sedangkan, pada posisi paling barat Indonesia, yaitu Pulau Sumatera sudah mencapai 8,75 derajat.

“Wilayah Papua 6,75 atau 6 derajat 75 menit. Kemudian di wilayah paling barat, pulau Sumatera itu 8,75 menit,” jelas Asadurrahman.

BACA JUGA:Dituduh Akan Menutup Jalan Masjid, Kyai Nur Alam Bachtir: Itu Tidak Benar!

BACA JUGA:Bacaan Salat Tarawih Lebih Afdol 11 Rakaat atau 23 Rakaat? Baca di Sini Tuntunan

“Kalau cuaca baik dan bagus, insyaAllah akan banyak laporan yang diterima oleh Kemenag dari berbagai lokasi persamaan rukyat hilal pada sore hari ini (Rabu, 22 Maret 2023),” tambahnya.

Perlu diketahui, Rukyatul Hilal sendiri, yaitu untuk memverifikasi secara faktual terhadap hasil perhitungan dengan metode falak yang sudah dilakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: