Hilal Muncul, PBNU Tetapkan Awal Puasa Ramadan Jatuh pada 23 Maret 2023

Hilal Muncul, PBNU Tetapkan Awal Puasa Ramadan Jatuh pada 23 Maret 2023

PBNU--

JAKARTA, DISWAY.ID - Tim Rukyatul Hilal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PB NU) menyebutkan bahwa pihaknya telah berhasil melihat Hilal di beberapa lokasi yang telah ditentukan.

Oleh sebab itu, berdasarkan hasil dari Rukyatul Hilal tersebut, pihak PBNU menyatakan bahwa awal bulan Ramadan 1444 Hijriyah akan jatuh pada Kamis Pon, 23 Maret 2023.

“Atas dasar Rukyatul Hilal tersebut dan sesuai dengan pendapat Al-Madzahib Al-Arba’ah, maka dengan ini Pengurus Besar Nahdlatul Ulama mengikhbarkan/ memberitahukan bahwa awal bulan Ramadan 1444 H Jatuh pada hari Kamis Pon tanggal 23 Maret 2024,” ujar PBNU dalam surat edarannya yang diterima Disway.id, Rabu, 22 Maret 2023.

BACA JUGA:Menag Yaqut : 1 Ramadan 1444 H Jatuh pada Kamis 23 Maret 2023

Lebih lanjut, dalam surat pemberitahuan yang beredar itu, PBNU juga menyampaikan ucapannya kepada seluruh warga NU dan masyarakat Indonesia yang akan menjalankan ibadah puasa pada esok hari.

Pihak PBNU beharap bulan puasa tahun ini dapat meningkatkan keimanan dan kerohanian untuk menyucikan diri.

“Kepada warga Nahdlatul Ulama dan umat Islam pada umumnya kami sampaikan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadan 1444 H dengan penuh keimanan,” tulis dalam surat pemberitahuan tersebut.

“(Semoga dapat) menjadikan Ramadan sebagai momentum kerohanian untuk menyucikan diri dengan meningkatkan ketakwaan dan memperbanyak baca Al-qur’an, dzikir, beribadah dengan penuh kekhusyukan dan berbagai aktivitas sosial yang bermanfaat,” lanjutnya.

BACA JUGA:Jelang Ramadhan, Ini Strategi Cegah Macet Pasar Takjil Polda Metro Jaya

Diberitakan sebelumnya, anggota Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama (Kemenag), Asadurrahman menyebutkan ada kemungkinan 1 Ramadan 1444 Hijriyah jatuh pada Kamis, 23 Maret 2023.

Hal tersebut disampaikan langsung olehnya lantaran berdasarkan Peta HIlal dan Elongasi di Dunia, tepatnya dari segi ketinggian dan lokasi sudah memenuhi kriteria.

“Dari segi ketinggian sudah memenuhi kriteria, kemudian dari segi lokasi, kita lihat mulai 7 sampai dengan 19 nampaknya dari segi ketinggian dan lokasi hampir seluruh wilayah di dunia ini akan memulai Ramadan-nya,” ujar Asadurrahman di Auditorium HM.Rasjidi Kemenag RI, Jakarta Pusat, Rabu, 22 Maret 2023.

 Bahkan dia mengatakan salat Tarawih bisa saja dilaksanakan pada malam Ini, Rabu, 22 Maret 2023. Begitu pula dengan ibadah puasa yang sudah bisa dijalani pada Kamis, 23 Maret 2023.

“(Kemungkinan) salat tarawih-nya pada malam hari ini dan akan melaksanakan ibadah puasa mulai fajar besok,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: