Dukung Program KKP, Aruna Lengkapi Nelayan Binaan dengan KUSUKA

Dukung Program KKP, Aruna Lengkapi Nelayan Binaan dengan KUSUKA

Dukung Program KKP, Aruna Lengkapi Nelayan Binaan dengan KUSUKA-Istimewa/Rafi Adhi Pratama-

JAKARTA, DISWAY.ID - Aruna mendukung upaya Kementerian Kelautan dan Perikanan Indonesia (KKP) terkait pemberian Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan (KUSUKA).

CoFounder & Chief Sustainability Officer Aruna, Utari Octavianty mengatakan sebanyak 61 Nelayan Aruna di daerah Jenebora, Kalimantan Timur yang memenuhi persyaratan kelengkapan telah mendapatkan kartu KUSUKA yang diserahkan langsung oleh pihak BRI Tanah Grogot.

Pihak Aruna menilai, KUSUKA salah satu compliance yang harus dimiliki oleh nelayan agar dapat melaut dengan aman dan kesejahteraan mereka juga terjamin.

BACA JUGA:Rahasia Pengajuan Pinjaman KUR BRI Rp 10 juta Cepat Cair, Bunga Rendah 3 Persen

Selain itu, juga sebagai bentuk nyata dari komitmen Aruna dalam mewujudkan keberlanjutan ekosistem kelautan dan perikanan Indonesia.

"Kami menyikapi positif program KUSUKA ini, KUSUKA ini seperti KTP melaut bagi nelayan Indonesia. Kami berterima kasih, KKP menyambut baik inisiatif Aruna untuk bisa menerbitkan KUSUKA bagi Nelayan Aruna. Dengan KUSUKA ini nelayan kami terdata dan tercatat resmi oleh pemerintah melalui KKP khususnya," katanya kepada awak media.

BACA JUGA:Cara Daftar KUR BRI Bunga Rendah via Online Tanpa Ngantre, Hindari 3 Penyebab Pinjaman Ditolak Bank

"Nanti bertahap, kami akan melakukan proses pengecekan kelengkapan di seluruh titik Aruna di Indonesia agar 40.000 Nelayan Aruna bisa mendapatkan akses kartu ini. Selain itu, dengan adanya kolaborasi dari bank BRI, kami berharap semakin mempermudah nelayan kami khususnya dalam akses finansial," tambahnya.

KUSUKA adalah salah satu program KKP yang bekerjasama dengan bank BRI, sehingga KUSUKA tersebut berbentuk kartu ATM yang sekaligus dapat digunakan oleh Nelayan Aruna untuk melakukan transaksi keuangan dan pastinya kartu ini bebas biaya administrasi per bulan.
BACA JUGA:Syarat Ajukan KUR BRI 2023 Dengan Kuota Tersedia Rp 270 Triliun Bagi Pelaku UMKM, Langsung Cair!


Aruna akan secara bertahap mendaftarkan seluruh Nelayan Aruna untuk mendapatkan akses KUSUKA agar identitas mereka terdata & tervalidasi di KKP.

Aruna akan terus membantu pemerintah untuk melakukan percepatan program yang berorientasi pada keberlanjutan ekosistem perikanan dan kelautan Indonesia salah satunya KUSUKA.

"Kami juga ingatkan nelayan kami untuk menggunakan KUSUKA ini sebaik mungkin karena sulit untuk mendapatkannya, banyak syarat yang harus dipenuhi," ujarnya.

Diketahui, KUSUKA berlaku di seluruh wilayah Indonesia dan dapat diperpanjang setiap 5 (lima) tahun sekali. KUSUKA ini diperuntukkan bagi para pelaku utama di sektor kelautan dan perikanan seperti Nelayan, Pembudidaya Ikan, Petambak Garam, Pemasar Ikan, Pengolah Ikan, serta Pengusaha Jasa Pengiriman Ikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: