200 Kucing di Jakarta Selatan Disterilisasi

200 Kucing di Jakarta Selatan Disterilisasi

200 kucing di Jakarta Selatan disterilisasi-Ilustrasi/Pixabay-

JAKARTA, DISWAY.ID- Pemerintah melalui Suku Dinas Kelautan Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP) Jakarta Selatan, melakukan sterilisasi terhadap 200 ekor kucing, di Agro Edu Wisata (AEW) Ragunan, Pasar Minggu, Selasa 28 Maret 2023. 

Kepala Seksi Peternakan dan Kesehatan Hewan Sudin KPKP Jakarta Selatan, Irawati Harry Artharini mengatakan, 200 ekor kucing yang  disterilisasi ini terdiri dari 150 kucing jantan dan 50 betina. 

Sebagian merupakan milik warga sekitar dan sebagiannya lagi dipelihara komunitas pecinta kucing.

BACA JUGA:Rekor Kucing Tertua di Dunia Dipegang Oleh Flossie, Usianya Lebih dari 25 Tahun!

Dalam giat ini, ungkap Irawati, pihaknya  bersinergi dengan Yayasan Peduli Lingkungan Indonesia, Petlove Center dan Purina Indonesia, serta tidak menggunakan biaya APBD.

"Sterilisasi ini melibatkan 24 petugas kesehatan hewan dari Sudin KPKP Jakarta Selatan, Dinas KPKP DKI dan bantuan dari kolaborator," katanya.

BACA JUGA:Polres Jakbar Sterilisasi Sejumlah Gereja, Tim Brimob Gegana Polri Dikerahkan

BACA JUGA:Gambar Kucing Oyen Sering Tampil di Unggahan Jokowi, Istana: Terinsiprasi saat Pandemi

Sementara Wali Kota Jakarta Selatan, Munjiri mengatakan, sterilisasi ini bertujuan untuk mengendalikan populasi kucing di Jakarta sekaligus meminimalisir timbulnya penyakit di masyarakat.

"Sterilisasi ini wujud penerimaan keberadaan kucing di lingkungan sekitar. Semoga sterisasi ini berdampak positif bagi lingkungan. Namun harus dipahami bersama bahwa kucing liar bukanlah hama," ujar Munjirin, dalam keterangannya Selasa 28 Maret 2023.

Menurutnya, Sudin KPKP berupaya mengatasi keberadaan kucing liar dengan cara mengambil dan membawa ke Pusat Kesehatan Hewan Dinas KPKP DKI untuk dirawat dan dipelihara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Berita Terkait