Gambar Kucing Oyen Sering Tampil di Unggahan Jokowi, Istana: Terinsiprasi saat Pandemi

Gambar Kucing Oyen Sering Tampil di Unggahan Jokowi, Istana: Terinsiprasi saat Pandemi

Alasan Kucing Oyen Selalu Muncul di Unggahan Jokowi Saat Hari Besar-@Jokowi-Instagram

JAKARTA, DISWAY.ID - Gambar kucing oyen atau oraange diketahui memang sering muncul di unggahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat hari-hari besar Nasional tiba.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, Sekretariat Presiden, Bey Machmudin menyebut bahwa dicantumkannya karikatur kucing oyen sebagai bentuk upaya menarik perhatian masyarakat.

"Untuk menarik perhatian masyarakat. Supaya ada atensi terhadap hari-hari besar nasional, maupun momen-momen tertentu," ucap Bey Machmudin pada Senin, 24 Oktober 2022.

BACA JUGA:Kapolri Akan Pecat Anggota Polri Melalui Jalur Setoran

BACA JUGA:Aturan Baru, Shopee Kenakan Biaya Rp 1.000 per Transaksi, Begini Cara Perhitungannya

"Semisal hari ini Hari Dokter Nasional, lalu pernah juga Hari Tani Nasional. Intinya agar masyarakat aware terhadap hari-hari peringatan nasional atau momen penting lainnya," tambahnya.

Menurut Bey Machmudin, gambar karikatur kucing oyen awal mulanya terinspirasi dari banyaknya kucing yang muncul selama pandemi Covid-19.

"Agar unik dan menarik atensi masyarakat. Kalau soal cilok di awan itu kan layang-layang, lalu kucing oren yang memang sering tampil di karikatur-karikatur sebelumnya. Kemudian hohang hoheng dalam bungkus makanan kan dari pisang goreng yang viral itu," paparnya.

"Itu (gambar kucing oyen) karena terinspirasi saat pandemi ada kucing-kucing, banyak kucing. Ya hal-hal tertentu itu yang dirangkum dari kejadian-kejadian yang ada. Kemarin ada Rehan juga kan, karena lagu 'lupakan Rehan' yang viral itu," tambahnya.

BACA JUGA:Teuku Ryan Sosok Pria Alim Inisial R yang Diramal Selingkuh Hingga Video Syurnya Tersebar? Ria Ricis: Musyrik

BACA JUGA:Fatal! Kevin/Marcus Disebut dari Malaysia saat Naik Podium Denmark Open, Videonya Viral di Medsos

Selain itu Bey Machmudin mengatakan bahwa sosok yang membuat gambar karikatur di setiap hari besar Nasional identitasnya tidak mau diungkapkan.

Karikaturis itu disebut Bey memang sudah hobi menggambar peristiwa-peristiwa viral dan isu terbaru.

"Yang bersangkutan (karikaturis) tidak mau di-publish. Intinya yang bersangkutan sangat senang sudah diberikan kesempatan membuat ilustrasi di feed-feed Presiden," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: