4 Tips Merawat Tanaman Aquascape Bagi Pemula

4 Tips Merawat Tanaman Aquascape Bagi Pemula

4 tips merawat tanaman Aquascape-Ilustrasi/Pixabay-

1. Mengatur Tingkat Keasaman Air

Tingkat keasaman di dalam air sangatlah penting bagi keberlangsungan tanaman akuatik. 

Semakin banyak variasi dari tanaman dan ikan di dalam aquascape maka tingkat keasaman akan meningkat dan membuat air menjadi tidak cocok dan tidak layak bagi tanaman untuk tumbuh. 

Pastikan agar memperhatikan kadar keasaman dengan menggunakan alat ukur dan secara berkala mengganti air di dalam aquascape agar tingkat keasaman terus terjaga.

BACA JUGA:Aquarium Raksasa di Berlin Pecah, Polisi Duga Akibat Suhu Dingin

2. Menjaga Tingkat Kekerasan Air

Tahukah bahwa air juga memiliki tingkat kekerasan? Tingkat kekerasan tersebut diambil berdasarkan jumlah konsentrasi mineral seperti kalsium dan magnesium. 

Tingkat kekerasan air bisa dihitung berdasarkan tingkat ppm di dalamnya.

Semakin tinggi angka ppm maka semakin keras air di dalam aquascape dan membuat tanaman semakin sulit untuk tumbuh sempurna.

3. Memberikan Pencahayaan yang Cukup

Tanaman adalah salah satu makhluk hidup yang membutuhkan pencahayaan agar bisa melakukan proses fotosintesis dengan sempurna.

Tanaman akuatik membutuhkan pencahayaan dalam jumlah yang cukup di siang hari agar proses fotosintesis bisa berlangsung. Anda bisa memasang lampu ultraviolet dan memasang timer agar lampu bisa menyala dan mati secara otomatis.

4. Memberikan Nutrisi pada Tanaman

Tanaman akuatik juga membutuhkan nutrisi tambahan layaknya sebuah pupuk pada tanaman biasa agar bisa tumbuh dengan indah.

Umumnya, tanaman akuatik akan mendapatkan nutrisi dari sisa makanan ikan yang jatuh ke dasar akuarium dan akar dari tanaman akan menyerap nutrisi secara perlahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Berita Terkait