Asik! Mensos Risma Resmikan Rusun dengan Sewa Rp 10 Ribu Per Bulan

Asik! Mensos Risma Resmikan Rusun dengan Sewa Rp 10 Ribu Per Bulan

Mensos Risma meresmikan Rumah Susun (Rusun) Sentra “Mulya Jaya” di Jakarta,-Twitter/@KemensosRI-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Kabar baik untuk para masyarakat yang ingin tinggal di rumah susun (rusun) di Jakarta Timur dengan hanya bayar Rp10.000 per bulan.

Melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bekerja sama dengan Kementerian Sosial (Kemensos), bakal mewujudkannya bagi masyarakat Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS).

BACA JUGA:6 Daftar Minuman Berbahan Kelapa Muda yang Cocok untuk Buka Puasa

Program ini merupakan salah satu hasil kolaborasi kedua lembaga pemerintah itu berupa rusun di Jakarta Timur bernama Mulya Jaya yang baru saja diresmikan operasionalnya oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini, Jumat 31 Maret 2023 kemarin.

Bangunan bertingkat lima lantai itu memiliki 93 unit hunian dan telah dilengkapi dengan sejumlah prasarana dan fasilitas yang lengkap sehingga menjadi hunian yang layak huni bagi para penghuninya.

BACA JUGA:Mantap! Shin Tae-yong Bertekad Bawa Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026: Saya Ingin Buat Sejarah Baru di ASEAN

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto, menyampaikan rumah atau papan merupakan kebutuhan utama yang masih terus berprogres agar segera tertuntaskan.

Backlog akan rumah yang layak huni menjadi tugas utama Pemerintah dan menjadi tantangan bagi kita semua sebagaimana diamanatkan dalam UU Nomor 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Permukiman. 

Ketersedian akan perumahan merupakan indikator utama tingkat kesejahteraan masyarakat. Adapun sasaran utama kebijakan penyediaan perumahan tentunya adalah masyarakat berpendapatan rendah (MBR).

BACA JUGA:Gregoria Juara! Indonesia Jadi Negara Tersukses di Turnamen Spain Master, Nih Buktinya

Merujuk data Kementerian PUPR, pembangunan Rusun Sentra “Mulya Jaya” dilaksanakan oleh Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Jawa I Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR di atas lahan seluas 21.843 meter persegi ini mempunyai luas 8.367 meter. 

Rusun tersebut dibangun setinggi lima lantai dengan total jumlah hunian 93 unit yang terdiri atas 91 unit standar dan dua unit untuk difabel.

Sebelumnya pada Jumat 10 Februari 2023 lalu, Kementerian PUPR bersama Kementerian Sosial juga melakukan kolaborasi dengan melaksanakan peresmian pembangunan rumah susun (Rusun) di Kota Bekasi, Jawa Barat untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang bekerja di sektor informal.

BACA JUGA:Kepergok, Dua Maling Motor di Koja Dapat Salam Olahraga dari Warga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: