Jokowi Minta Erick Thohir Buat Peta Transformasi Sepak Bola Indonesia, Apa Alasannya?

Jokowi Minta Erick Thohir Buat Peta Transformasi Sepak Bola Indonesia, Apa Alasannya?

Presiden RI, Jokowi pertanyakan komitmen kepala daerah yang tanda tangan sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 2023.-Dok. Setkab-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) Erick Thohir membuat peta transformasi sepak bola Indonesia. Apa alasannya?

Setelah dicoret sebagai tuan rumah dalam penyelenggaraan Piala Dunia U20 2023, Jokowi kini meminta Erick Thohir kembali lobi FIFA agar tidak memberi sanksi berat kepada sepak bola Indonesia.

Demikian disampaikan Jokowi di sela menemui para pemain Timnas U-20 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu 1 Maret 2023.

BACA JUGA:Erick Thohir Terbang ke Eropa Kembali Temui FIFA: Bawa Peta Garuda Mendunia

"Salah satu alasan FIFA coret Indonesia jadi tuan rumah, karena ingin melihat adanya perubahan sepak bola di Indonesia," ungkap Jokowi.

Terkait apa alasannya? Jokowi yang telah memerintahkan Erick Thohir untuk membuat blue print transformasi sepak bola Indonesia tersebut, untuk disampaikan ke FIFA.

"Kemarin saya menerima surat dari Presiden FIFA Gianni Infantino dan saya sudah memerintahkan kepada Ketua Umum PSSI untuk menyiapan blue print dan peta jalan transformasi sepak bola indonesia untuk segera disampaikan kepada FIFA," ujarnya.

Jokowi berharap, dengan memenuhi hal-hal tersebut Sepakbola Indonesia dapat terhindar dari sanksi FIFA.

"Komunikasi juga terus dilakukan, entah itu dengan Presiden FIFA maupun dengan council," ucapnya.

"Saya harapkan bulan-bulan iniKetua Umum PSSI Bapak Erick Thohir bisa terbang lagi ke Zurich untuk menyampaikan hal yang tadi saya sampaikan," sambungnya.

BACA JUGA: Erick Thohir Kurang Tidur Bolak Balik Urusi Bola: Dukungan Pak Jokowi Sudah Maksimal!

Sebelumnya Erick Thohir juga mengungkapkan ke publik alasan pencopotan status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 oleh FIFA.

Menurutnya, FIFA telah mendapatkan adanya intervensi dari berbagai pihak, khususnya pemerintah daerah setempat.

Diketahui, Gubernur Bali Wayan Koster dengan menolak gelaran Drawing Piala Dunia U20 di Bali dengan mengirimkan surat ke Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) karena lolosnya Israel dalam Piala Dunia U20.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: