Jokowi Minta Erick Thohir Buat Peta Transformasi Sepak Bola Indonesia, Apa Alasannya?

Jokowi Minta Erick Thohir Buat Peta Transformasi Sepak Bola Indonesia, Apa Alasannya?

Presiden RI, Jokowi pertanyakan komitmen kepala daerah yang tanda tangan sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 2023.-Dok. Setkab-

Sebagai otoritas tertinggi sepak bola dunia, FIFA tak ingin didikte oleh siapapun, termasuk oleh pemerintah setempat.

"FIFA ini kan otoritas tertinggi sepak bola di dunia, tentu dengan segala keberatan-keberatan yang sudah disampaikan tentu FIFA melihat ini sebuah intervensi," kata Erick di Kompleks Istana Kepresidenan.

Selain itu, penolakan juga datang dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang secara terang terangan monolak kehadiran Israel dengan alasan ini merupakan salah satu pesan dari Presiden Soekarno.

BACA JUGA:Jokowi Ungkap Indonesia Bersaing Puluhan Negara Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20: Sangat Sulit, Butuh Perjuangan!

Selain itu, adanya penolakan dari politisi PDI Perjuangan dan dari politisi Partai Keadilan Sejahtera. Baik PDI Perjuangan dan PKS dengan masif memberikan komentar terkait sikap penolakannya. 

Padahal diketahui, bahwa Indonesia lolos menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 melalui proses panjang dan diketahui oleh kedua partai ini. 

"FIFA sering kali menjatuhkan sanksi kepada federasi sepak bola akibat intervensi yang dilakukan pemerintah," ujarnya.

Erick menegaskan bahwa fokusnya saat ini yakni berupaya agar Indonesia tidak terkena sanksi berat dari FIFA.

Sebab, jika sanksi berat tetap dilayangkan ke Indonesia, ini menjadi kasus yang kedua kalinya setelah tahun 2015 lalu. 

Sanski berat dari FIFA tersebut membuat Indonesia menyendiri karena tidak boleh berlaga di kancah internasional yang ada di bawah naungan FIFA.

BACA JUGA:Cerita Jokowi, Pusing 2 Pekan Urus Bola : Aduh, Pusing Betul Ngurusi Sepak Bola Itu

"Tentu itu yang terberat, di mana kita jadi menyendiri, ibaratnya kita cuma di Indonesia saja," terangnya.

Erick berharap hal itu tidak terjadi kembali kepada sepak bola Indonesia. Mengingat, mata pencarian di sepak bola begitu banyak turunannya.

"Sanksi ringan juga ada, seperti administrasi, pergantian, saya belum tahu, tapi yang penting jangan yang sangat berat," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: