Jokowi Ungkap Indonesia Bersaing Puluhan Negara Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20: Sangat Sulit, Butuh Perjuangan!

Jokowi Ungkap Indonesia Bersaing Puluhan Negara Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20: Sangat Sulit, Butuh Perjuangan!

Tangkap layar Youtube Sekretariat Presiden.-Sekretariat Presiden.-Sekretariat Presiden.

JAKARTA, DISWAY.ID-- FIFA telah resmi membatalkan perhelatan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.

Sebelumnya Indonesia telah terpilih untuk menyelenggarakan turnamen bergengsi kedua di Dunia itu.

Presiden, Joko Widodo menilai untuk menjadi tuan rumah di ajang Piala Dunia U-20 2023 bukan hal yang mudah, butuh kerja keras karena bersaing dengan puluhan negara lain.

Namun, setelah banyak penolakan timnas Israel untuk bertanding di Indonesia, FIFA resmi tidak melanjutkan kerjasama dengan Indonesia dalam menyelenggarakan Piala Dunia U-20. 

BACA JUGA:Ada Diskon! Bayar PBB P-2 DKI Jakarta 2023 Sekarang Cukup Lewat Online

Banyak intervensi diduga menjadi alasan FIFA untuk mencabut status tuan rumah Indonesia dalam turnamen Piala Dunia U-20 2023.

Jokowi mengatakan, untuk menjadi tuan rumah di perhelatan Piala Dunia U-20 sangat sulit, dibutuhkan perjuangan oleh semua pihak.

"Karena apapun itu sudah sulit, sangat sulit sekali untuk bisa menjadi tuan rumah,” ujar Jokowi dalam keterangan resmi.

Presiden Jokowi menegaskan, pemerintah telah berupaya melakukan perbaikan infrastruktur dan fasilitas agar FIFA memilih Indonesia menjadi tuan rumah di ajang Piala Dunia U-20 2023.

Menurutnya, banyak negara yang ingin menjadi tuan rumah dalam perhelatan Piala Dunia. Indonesia terus bersaing dengan puluhan negara lain untuk meyakinkan FIFA agar turnamen bergengsi itu digelar di Indonesia.

BACA JUGA:FIFA Melihat Ada Intervensi Penyelenggaraan Piala Dunia U-20, Diungkap Erick Thohir: Jadi Pertimbangan

Ia menambahkan, pemerintah sudah melakukan upaya untuk melobi FIFA sejak lama agar Indonesia dipilih untuk menjadi tuan rumah di ajang bergengsi kedua di dunia tersebut dengan menyampaikan kesiapan fasilitas dan infrastruktur kepada FIFA.

“Itu yang mengajukan bukan satu dua tiga, puluhan negara mengajukan dan kita juga ikut mengajukan, lobi sana, lobi sini menyampaikan kesiapan infrastruktur dan fasilitas-fasilitas kita," kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, seluruh provinsi maupun kota yang ditunjuk sebagai penyelenggara tuan rumah Piala Dunia telah berkomitmen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: