Burung Bernapas Menggunakan Apa? Jawaban Soal Kelas 5 SD Tema 2 Halaman 9

Burung Bernapas Menggunakan Apa? Jawaban Soal Kelas 5 SD Tema 2 Halaman 9

Burung Kedasih.-Tangkapan layar-

PERTANYAAN dalam tema 2 Kelas 5 SD halaman 9 perihal burung bernapas menggunakan apa? Pembahasannya sudah disampaikan melalui buku tematik tersebut. 

Adapun kunci jawaban " Burung bernapas menggunakan apa? ialah sebagai berikut: 

Burung bernapas menggunakan sepasang paru-paru. Adapun sistem pernafasan burung terdiri dari trakea, bronkus, paru-paru, dan juga kantung udara yang disebut sebagai saccus pneumaticus.

BACA JUGA:Penghasil Batu Bara di Inggris Terdapat di Daerah? Simak Kunci Jawaban Bab 3 Geografi SMP Terverifikasi

Pembahasan:

Dengan membaca buku tematik 2 kelas 5 SD, disebutkan Alat dan Sistem Pernapasan pada Burung (Aves).

Burung bernapas dengan sepasang paru-paru. Paru-paru burung terletak di dalam rongga dada. Udara yang mengandung oksigen masuk melalui lubang hidung pada pangkal paruh sebelah atas. Selanjutnya udara masuk ke pembuluh udara yang disebut trakea. Dari trakea, udara sebagian masuk ke paru-paru dan sebagian lagi masuk ke kantong udara.

Burung menghirup udara sebanyak-banyaknya saat tidak terbang. Sebaliknya, saat terbang, burung tidak menghirup udara. Udara diembuskan dari kantong udara ke paru-paru.

Kantong udara burung berfungsi sebagai tempat menyimpan udara. Saat tidak terbang, burung menghirup udara sebanyak-banyaknya.

Udara yang dihirup itu kemudian disimpan dalam kantong udara. Saat terbang, burung tidak menghirup udara melainkan mengambil dari kantong udara. Kantong udara juga membantu burung saat terbang, membantu mencegah hilangnya panas tubuh yang terlalu besar, dan memperkeras suara.

BACA JUGA:Jokowi Minta Erick Thohir Buat Peta Transformasi Sepak Bola Indonesia, Apa Alasannya?

Melansir kelaspintar.id, selain Trakea, alat pernapasan burung terdiri dari beberapa organ lainnya, sama seperti paru-paru manusia yang memiliki bronkus dan alveolus. Sistem pernapasan burung terdiri dari trakea, bronkus, paru-paru, dan kantong udara (saccus pneumaticus).

Proses pernapasan burung dimulai dari masuknya udara melalui dua lubang hidung luar yang ada di paruh mereka.

Udara yang dihirup itu masuk ke dalam trakea yang berada di sepanjang leher burung. Bentuk trakea ini seperti tabung yang memanjang dari area hidung ke tenggorokan mereka, dengan ukuran 2,7 kali lebih panjang dan 1,29 kali lebih lebar dari mamalia seukuran burung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: