Cara Membuat Disinfektan Sendiri di Rumah

Cara Membuat Disinfektan Sendiri di Rumah

Cara membuat Disinfektan sendiri di rumah -Ilustrasi/Pixabay-

JAKARTA, DISWAY.ID-Disinfektan adalah bahan kimia yang digunakan untuk mencegah terjadinya infeksi atau pencemaran oleh jasad renik atau obat untuk membasmi kuman penyakit. 

Disinfektan sempat populer dan menjadi bahan yang paling dicari pada masa pandemi Covid-19.

Tidak sedikit masyarakat memborong di toko atau supermarket bahkan mencari tahu bagaimana membuat disinfektan secara mandiri atau sendiri di rumah. 

BACA JUGA:Tetap Waspada, Pemerintah Lanjut Status Darurat COVID-19 Sampai Akhir Juni 2023

Kini, walaupun pandemi covid-19 perlahan mulai menghilang, namun pencegahan infeksi dan pencemaran kuman penyakit jangan diabaikan. 

Masyarakat disarankan tetap sediakan disinfektan di rumah dan di tempat beraktifitas.

Karena nyatanya, kuman ada di mana-mana dan tidak terlihat. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk menyemprotkan disinfektan setiap habis bersih-bersih. 

BACA JUGA:Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran Resmi Ditutup

Semprotkan disinfektan pada benda-benda yang rentan dihinggapi kuman, yaitu yang sering disentuh oleh banyak orang, seperti pegangan pintu, tombol lampu, gagang kursi, dan sebagainya.

Perlu diingat,  disinfektan tidak boleh disemprotkan pada permukaan kulit atau selaput lendir karena dapat memicu iritasi kulit, bahkan kanker. 

BACA JUGA:WHO: Vaksin Booster Covid-19 Hanya untuk Kelompok Berisiko Tinggi Saja!

Kemudian yang perlu diketahui, Disinfektan berbeda dengan antiseptik yang meang berfungsi untuk disinfeksi pada permukaan kulit.

Disinfektan dapat diperoleh dengan beli di toko atau membuat sendiri di rumah.

Beberapa keuntungan membuat disinfektan sendiri di rumah yakni; efisien dan menghasilkan produk yang banyak dengan harga yang relatif lebih murah daripada membeli. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Berita Terkait