Kasus Penempelan Stiker QRIS Palsu di Masjid, Polisi: Ini Modus Penipuan Baru!

Kasus Penempelan Stiker QRIS Palsu di Masjid, Polisi: Ini Modus Penipuan Baru!

Modus baru penipuan menggunakan striker QRIS palsu-tangkapan layar-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Irwandhy Idrus mengatakan tindakan menempelkan stiker QRIS palsu di masjid merupakan modus penipuan baru

"Kami menyampaikan bahwa benar, telah terjadi dugaan penipuan kami sampaikan dengan modus baru yaitu mengambil atau mencoba meniru kode batang yang ada pada kotak amal di tempat ibadah atau masjid pada tanggal 10 April 2023," kata Kasat Reskrim Kompol Irwandhy Idrus pada wartawan di Polres Jaksel, Senin, 10 April 2023.

BACA JUGA:Mahfud MD Bentuk Satgas Bongkar Transaksi Mencurigakan Rp 349 Triliun: Bersama Sri Mulyani Bertemu DPR RI

Irwandhy juga mengatakan saat ini pihaknya tengah memburu pelaku. 

"Untuk pelaku kami dalami. Sampai saat ini masih kami profiling, mohon doanya dalam waktu dekat bisa kita identifikasi dan kita lakukan penetapan terhadap tersangka," lanjutnya.

Lebih lanjut, Irwandhy mengatakan jajaran Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan juga telah melakukan olah TKP dan juga melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi. 

BACA JUGA:Arsenal dan 9 Klub Liga Inggris Siap Cegat Sheikh Jassim untuk Akuisisi Manchester United, Ketar-ketir?

Ia pun mengaku pihaknya sudah mendapatkan rekaman CCTV dari lokasi kejadian dan nantinya akan di dilakukan pemeriksaan. Sementara ini pihaknya menduga hanya ada satu pelaku dalam kasus penipuan tersebut.

"Kami mendapatkan CCTV kemudian dari CCTV tersebut kami coba menganalisa. Sementara kami duga masih satu orang yang sama, mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa kami identifikasi," tuturnya.

Ia pun mengimbau kepada masyarakat apabila ingin bersedekah dengan sistem digital sebaiknya melaporkan kepada pihak masjid. 

BACA JUGA:Cara Merapikan Daftar Pustaka Mudah di Microsoft Word, Simak Langkah-langkahnya

"Kami imbau supaya masyarakat yang ingin beramal, sedekahnya melalui mekanisme digitalisasi saat ini sudah sangat canggih, sudah sangat digital mungkin bisa berkomunikasi dengan pihak dewan masjid atau pihak yang mengelola kode batang tersebut apakah betul dikelola betul oleh orang-orang yang bertanggungjawab seperti itu," ungkapnya. 

Diketahui, seorang Pria diduga tengah melakukan tindakan penipuan dengan mengganti QR Code pada kotak amal di Masjid Nurul Iman, Blok M Square, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. 

Tindakan terduga pelaku terekam kamera CCTV yang berada di sekitar Masjid, terlihat sedang menempelkan stiker QRIS di kotak amal yang diduga untuk menyedot uang amal dari para jemaah ke rekening milik pribadinya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: