Abraham Samad hingga Saut Sitomorang Resmi Laporkan Firli Bahuri ke Dewas KPK!

Abraham Samad hingga Saut Sitomorang Resmi Laporkan Firli Bahuri ke Dewas KPK!

Ketua KPK Firli Bahuri -jpnn.com-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Mantan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad, Saut Situmorang, Bambang Widjojanto dan eks penyidik KPK, Novel Baswedan resmi melaporkan Ketua KPK Firli Bahuri ke Dewan Pengawas (Dewas) KPK.

Laporan tersebut atas dugaan pelanggaran kode etik terkait kebocoran dokumen hasil penyelidikan di Kementerian ESDM.

"Kami mewakili 56 lebih perorangan dan organisasi menyampaikan dugaan. Intinya adalah potensi pelanggaran yang terjadi baik etik maupun etik dan pidana yang dilakukan oleh Firli Bahuri dalam hal ini sebagai ketua KPK," kata Saut di Gedung KPK, Jakarta Pusat, Senin, 10 April 2023.

BACA JUGA:Kunci Pintu

Saut mengatakan kedatangannya itu membawa dokumen yang bertuliskan kronologi Firli mulai bergabung hingga akhirnya menduduki pucuk pimpinan KPK.

Saut pun berharap Dewas KPK dapat bekerja secara profesional, transparan, akuntabel serta berintegritas dalam mendalami kasus tersebut.

"Supaya Indonesia bisa terselamatkan dan narwah KPK kembali ke tempat semula, bahwa dia adalah benar-benar penegak hukum-hukum antikorupsi yang transparan, akuntabel, berintegritas dan bisa bertanggungjawab terhadap masyarakat," ujar Saut.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua KPK periode 2011-2015, Abraham Samad mengatakan, pembocoran dokumen yang diduga dilakukan Firli Bahuri merupakan tindakan yang tidak bisa ditoleransi dan termasuk tindak pidana. Untuk itu, pihaknya akan melaporkan Firli Bahuri ke Dewas KPK dan aparat penegak hukum.

BACA JUGA:Jokowi Mulai Bagikan Bansos Pangan 2023 ke 21,3 Juta Keluarga Penerima Manfaat

“Tindakan itu termasuk tindakan pidana. Oleh karena itu, selain melaporkan saudara Firli ke dewan pengawas kita juga akan melaporkan saudara Firli ke aparat penegak hukum yang telah melakukan pelanggaran hukum

Laporan tersebut kini telah diterima oleh Ketua Dewas KPK Tumpak Hatorangan Panggabean.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: