Pemerintah Siapkan 15 Dermaga - 78 Feri di Merak, Antisipasi Penumpukan Pemudik

Pemerintah Siapkan 15 Dermaga - 78 Feri di Merak, Antisipasi Penumpukan Pemudik

Sejumlah kendaraan logistik dan kendaraan memadati Pelabuhan Merak, Kota Cilegon saat libur Idul Fitri 2022 lalu.-Dok.Istimewa/Radar Banten-

JAKARTA, DISWAY.ID-Segala upaya disiapkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) untuk mencegah kepadatan pemudik selama Lebaran 2023.

Salah satu upayanya yaitu 15 dermaga dan 78 kapal feri untuk mengangkut pemudik. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi kepadatan pemudik di Pelabuhan Merak

"Tahun ini kita lipatkan menjadi 15 dermaga dengan 78 feri penyeberangan. Insya Allah dengan 2 kali lipat lebih ini kita akan lebih lancar," ujar Asops Polri Irjen Pol Agung Setya kepada wartawan, Jumat, 14 April 2023.

BACA JUGA:Mudik Lebaran 2023: Jateng Kerahkan 21.147 Personel Pengamanan

Agung mengatakan, penambahan dermaga ini merupakan tindak lanjut dari atensi Presiden Jokowi yang mewanti-wanti peningkatan jumlah pemudik pada tahun ini. 

"Ini yang kemudian menjadi konsen kita sebagaimana kita tahu, tahun lalu itu di Pelabuhan Merak kita sediakan 7 dermaga dengan 48 feri. Itu tidak mampu. Artinya terkendala karena masih kurang," terangnya.

Sebelumnya, Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho mengatakan seluruh pihak terkait sepakat Pelabuhan Ciwandan akan dioperasikan bersama Pelabuhan Merak untuk mengangkut pemudik.

Sandi mengatakan nantinya Pelabuhan Ciwandan akan digunakan untuk mengangkut kendaraan roda dua atau motor dan truk.

BACA JUGA: Aturan Syarat Perjalanan dengan Kapal Ferry di Pelabuhan Merak - Bakauheni 2023

BACA JUGA:Pemudik Mesti Tahu, Ada Penyesuaian Jadwal KA Lokal Merak dan Commuterline di Angleb 2023

"Untuk Pelabuhan Merak untuk kendaraan umum roda empat dan bus. Untuk Pelabuhan Ciwandan untuk truk dan sepeda motor," ujar Sandi kepada awak media, Jakarta, Kamis, 13 April 2023.

Jika arus lalu lintas ke arah Bakauheni masih padat, Pelabuhan Indah Kiat di Banten akan dipergunakan. Sejauh ini pelabuhan tersebut sudah disiapkan sebagai cadangan.

BACA JUGA:Hadapi Mudik Lebaran 2023, Pelabuhan Merak Fungsikan 7 Dermaga dan 5 Tambahan

"Dan bila penumpukan arus yang ke arah Bakauheni itu juga masih padat maka akan ada pelabuhan lainnya yang akan disiapkan untuk dicadangkan yaitu di pantai Indah Kiat yang di Banten," sebutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: