Siap-siap, Besok Indonesia Akan Dilewati Gerhana Matahari Hibrida

Siap-siap, Besok Indonesia Akan Dilewati Gerhana Matahari Hibrida

Gerhana Matahari Hibrida merupakan gerhana yang sangat spesial karena jarang terjadi. -BRIN-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Besok, tepatnya Kamis 20 April 2023, Indonesia akan kembali dilewati oleh Gerhana Matahari Hibrida

Gerhana jenis itu tergolong unik karena sebagian wilayah yang dilalui jalur gerhana akan mengalami gerhana Matahari total dan sebagian wilayah lainnya mengalami gerhana Matahari cincin.

BACA JUGA:AHM Lepas 2.009 Konsumen Ikuti Mudik Balik Bareng Honda 2023

Peneliti Ahli Madya di Pusat Riset Antariksa BRIN, Johan Muhammad, menyampaikan bahwa Gerhana Matahari Hibrida adalah gerhana Matahari yang tampak dari sebagian wilayah Bumi sebagai gerhana Matahari total.

Tetapi di sebagian wilayah lain tampak sebagai gerhana Matahari cincin. Terjadinya gerhana Matahari hibrida disebabkan oleh berubahnya jarak antara permukaan Bumi yang melengkung dengan Bulan sebagai objek yang menghalangi Matahari saat gerhana Matahari.

BACA JUGA:Pengoplos Gas di Jakut Diamankan Polisi

Menurut Johan, gerhana Matahari Hibrida merupakan gerhana yang sangat spesial karena jarang terjadi. 

“Di wilayah Indonesia, gerhana Matahari pada 20 April 2023 akan teramati sebagai gerhana Matahari total (GMT) dan gerhana Matahari sebagian,” ujar Johan, dalam keterangan tertulisnya Selasa 18 April 2023 kemarin.

“Gerhana Matahari total akan teramati khususnya di wilayah Indonesia bagian timur yang terbilang singkat kurang lebih 1 menit, sementara di daerah Indonesia lainnya akan teramati sebagai gerhana Matahari parsial. Gerhana Matahari itu akan teramati sebagai gerhana Matahari cincin di wilayah selatan Samudera Hindia dan Samudera Pasifik,” jelas Johan.

BACA JUGA:Sadisnya KKB Papua Paksa Panglima TNI Naikan Status Operasi, Kapuspen TNI: 'Ibu-ibu jadi Tameng'

Johan menuturkan bahwa sebagian lintasan Gerhana Matahari Total 2023 akan melewati wilayah lautan seperti Laut Timor dan Laut Banda. Menurutnya daratan yang dilalui jalur Gerhana Matahari Total adalah sebagian Timor Leste dan beberapa daerah di Papua Barat.

“Pada 20 April 2023 mendatang, kami akan melakukan pengamatan di Biak. Sebelumnya, kami telah melakukan simulasi prakiraan penampakan Gerhana Matahari 2023 dengan menggunakan data efemeris Bulan dan Matahari yang diintegrasikan menggunakan pemrograman komputer, sehingga visualisasinya dapat ditampilkan sesuai dengan waktu dan lokasi pengamat berada,” tuturnya.

BACA JUGA:Panglima TNI: Tidak Ada Penambahan Pasukan dan Alutsista di Papua

“Prakiraan yang kami dapatkan adalah untuk Gerhana Matahari Total di Biak kontak yang terjadi adalah mulai gerhana sebagian adalah pada pukul 12.20 WIT, mulai gerhana total pada pukul 13.56 WIT, puncak gerhana total adalah pada pukul 13.57 WIT, akhir gerhana total pada pukul 13.57 WIT, dan akhir gerhana sebagian pada pukul 15.26 WIT,” lanjutnya..

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: