Bikin Tenang Pengguna Kendaraan Listrik, Jumlah SPKLU Terus Bertambah di Jalur Mudik

Bikin Tenang Pengguna Kendaraan Listrik, Jumlah SPKLU Terus Bertambah di Jalur Mudik

SPKLU ultra fast charging mampu mengisi penuh 2 mobil listrik dengan kapasitas di atas 80 kilo Watt (kW) secara bersamaan hanya dalam waktu singkat-PLN-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan mendorong peningkatan titik charging station atau Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) khususnya di berbagai tempat peristirahatan (rest area) di sepanjang jalur mudik.

Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan M.P. Dwinugroho, menyampaikan, jumlah infrastruktur pengisian Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) roda empat di berbagai lokasi publik mengalami peningkatan yang signifikan dalam beberapa bulan terakhir. 

BACA JUGA:Bukan Tidak Bisa Digunakan, Tapi Jalan Layang MBZ Berlakukan Buka Tutup

Menurut Nugroho, penambahan SPKLU di sejumlah lokasi baru-baru ini diperbanyak demi mendukung kelancaran dan kenyamanan untuk pemudik yang berkendara menggunakan mobil listrik.

"Pengguna kendaraan listrik kian meningkat seiring berjalannya waktu. Kendaraan listrik pun jadi salah satu transportasi yang digunakan untuk mudik, untuk itu kami mendorong penambahan SPKLU di sejumlah titik khususnya rest ara di Tol Jawa dan Sumatera," ujar Nugroho, Senin 17 April 2023.

BACA JUGA:Tancap Gas! PSSI Perkirakan Liga 1 Musim 2023/2024 Digelar Juli 2023

Sesuai data Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, telah dibangun 842 charging station di 488 lokasi di seluruh Indonesia. Data tersebut gabungan antara SPKLU yang dikelola PT PLN (Persero), instalasi privat di lokasi publik, dan charging station kendaraan umum.

"Data charging station terus mengalami peningkatan. Selain PLN, beberapa produsen mobil listrik dan badan usaha lain membangun SPKLU di beberapa lokasi seperti rest area, hotel, pusat perbelanjaan dan kantor-kantor pemerintah," tambahnya.

BACA JUGA:Juara Liga 1, PSSI Guyur PSM Bonus Rp 2 Miliar

Untuk ruas tol jawa, menurut Nugroho saat ini tersedia 21 titik pengisian baterai kendaraan listrik yang tersebar di ruas tol dari Merak hingga Probolinggo. 

Penambahan SPKLU di berbagai titik ini dilakukan untuk memudahkan penguna kendaraan listrik selama masa mudik Idulfitri 1444 H.

Lebih lanjut Nugroho menyampaikan, saat ini di Indonesia telah terbangun seluruh jenis teknologi Infrastruktur pengisian KBLBB roda empat mulai Slow Charging, Medium Charging, Fast Charging, hingga Ultra Fast Charging. 

BACA JUGA:Pemilik Penginapan Assirot Dihabisi Dengan Sadis, Mulut Dilakban Hingga Tewas

Menurutnya, pemerintah bersama PT PLN (Persero) berkomitmen untuk menyiapkan ekosistem yang mumpuni bagi pengguna electric vehicle (kendaraan listrik) di Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: