Puncak Arus Mudik, Garuda Indonesia Group Angkut 63.787 Pemudik

Puncak Arus Mudik, Garuda Indonesia Group Angkut 63.787 Pemudik

Suasana peak season mudik lebaran di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang.-Garuda Indonesia -

JAKARTA, DISWAY.ID-- Pada puncak arus mudik Lebaran 2023, Garuda Indonesia Group melalui layanan penerbangan Garuda Indonesia dan Citilink memproyeksikan angkut sebanyak 63.787 ribu pemudik.

Jumlah pemudik pada puncak periode peak season yang jatuh pada hari ini, Kamis 20 April 2023 ini meliputi Garuda 25.047 orang penumpang, sementara Citilink mengangkut sedikitnya 38.740 orang pemudik.

Jumlah tersebut diperkirakan masih akan terus bergerak dinamis selaras dengan antusiasme masyarakat yang meningkat signifikan jelang momentum libur Lebaran 2023 ini.

BACA JUGA:Update KAI: Dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen 362 Ribu Penumpang Berangkat Mudik

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengungkapkan, Garuda Indonesia Group terus mengoptimalkan aksesibiltas layanan penerbangannya, baik dari aspek ketersediaan kapasitas penerbangan maupun layanan penumpang, untuk memfasilitasi kebutuhan perjalanan para pengguna jasa selama periode mudik Lebaran 2023.

"Lonjakan arus mudik Lebaran Idulfitri 1444 Hijriah kali ini terlihat dari pertumbuhan proyeksi penumpang pada puncak peak season yang meningkat hingga 32 persen dibandingkan pada puncak arus mudik tahun lalu yang tercatat sekitar 48 ribuan penumpang. Dengan total sebanyak 446 penerbangan —termasuk 21 extra flight— yang disediakan pada Kamis (20/4), kami berharap pergerakan penumpang Garuda Indonesia Group dapat berlangsung lancar dan optimal, sejalan dengan kesiapan operasional dan layanan yang kami upayakan secara menyeluruh.”

Khusus keberangkatan dari Bandara Internasional Soekarno Hatta, Garuda Indonesia Group mencatatkan sedikitnya 27 ribu penumpang, terdiri dari 14 ribuan penumpang Garuda Indonesia dan sekitar 12 ribuan penumpang Citilink, dengan total frekuensi penerbangan kedua maskapai yang mencapai sedikitnya 144 penerbangan.

BACA JUGA:Habib Rizieq Shihab Lebaran Ikut Pemerintah, Minta Jamaah Tak Perlu Panik

Adapun rute-rute penerbangan yang menjadi rute favorit masyarakat untuk Garuda Indonesia dalam peak season ini adalah Jakarta-Denpasar pp, Jakarta-Surabaya pp, dan Medan-Jakarta untuk penerbangan domestik, serta Jakarta-Singapura pp dan Jakarta-Jeddah untuk penerbangan internasional. Sementara itu, Citilink juga turut mencatatkan sejumlah rute dengan frekuensi penerbangan terbanyak, di antaranya Jakarta-Surabaya pp, Jakarta-Medan pp, Jakarta-Denpasar pp, Jakarta-Balikpapan pp, dan Halim Perdanakusuma-Surabaya pp.

"Perusahaan terus berupaya memastikan kelancaran operasional penerbangan selama periode mudik Lebaran 2023 ini, salah satunya dengan memastikan ketepatan waktu penerbangan. Hingga pukul 12.00 WIB, penerbangan Garuda Indonesia mencatatkan on-time performance (OTP) di atas 85 persen, dan kami berharap capaian OTP tersebut dapat terus terjaga sebagai salah satu bentuk added-value bagi pengguna jasa di periode peak season. Lebih lanjut, pada peak season tahun ini, kami memproyeksikan rata-rata OTP berkisar di atas 85 persen.”

BACA JUGA:Ustadz Adi Hidayat Jelaskan Metode Rukyatul Hilal dan Hisab,

Sementara itu, sejalan dengan upaya Perusahaan untuk memaksimalkan kelancaran penerbangan, Garuda Indonesia telah melaksanakan berbagai langkah mitigasi untuk memastikan kesiapan armada, yaitu melalui pengecekan secara berkala dan menyeluruh, kesiapan kru operasional penerbangan, penawaran program menarik bagi masyarakat untuk menunjang kemudahan mobilitas melalui transportasi udara, serta koordinasi secara sinergis dengan stakeholders layanan penerbangan untuk memastikan kesiapan operasional penerbangan dapat berlangsung optimal secara berkesinambungan.

BACA JUGA:Eks Ketum Muhammadiyah Din Syamsuddin Ungkit Sidang Isbat: Hanya Menghabiskan Anggaran Negara

“Kami memahami bahwa momentum mudik kali ini lebih dari sebuah tradisi dalam merayakan Hari Kemenangan, dan merupakan momentum untuk mempererat silaturahmi sekaligus waktu untuk rehat sejenak dari aktivitas sehari-hari dengan mengunjungi berbagai destinasi pariwisata —di Indonesia khususnya— bersama keluarga dan orang terdekat,” tambah Irfan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: