Erick Thohir Gandeng Ernst & Young Audit Forensik Pencatatan Keuangan PSSI dan PT LIB: Bagian Utama Dalam Bersih-bersih!

Erick Thohir Gandeng  Ernst & Young Audit Forensik Pencatatan Keuangan PSSI dan PT LIB: Bagian Utama Dalam Bersih-bersih!

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.-Instagram Erick Thohir-Instagram Erick Thohir

JAKARTA, DISWAY.ID-- Ketua Umum PSSI Erick Thohir gerak cepat untuk mengambil langkah melakukan audit keuangan secara menyeluruh di PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan PSSI.

Menteri BUMN itu langsung menunjuk firma audit ternama, Ernst & Young untuk penjajakan rencana pelaksanaan audit forensik atas pencatatan keuangan PSSI secepatnya.

Erick langsung menandatangani kesepakatan dengan firma audit Ernst & Young buntut tidak konsistennya PT Liga Indonesia Baru (LIB) dalam memberikan bonus kepada PSM Makassar yang sudah merebut gelar juara Liga 1 2022/2023.

BACA JUGA:146.260 Narapidana Dapat Remisi Khusus, Negara Hemat Anggaran Makan Rp72 Miliar

Sebelumnya, PT LIB menyebut konsestan Liga 1 telah sepakat untuk tidak mendapatkan bonus berupa uang tunai ketika menjadi juara Liga. Pihak LIB menyebut hal itu sudah menjadi kesepakatan bersama.

"Bermula dari peristiwa kemarin, ketika ada ketidakkonsistenan dalam pemberian hadiah juara liga,” ujar Erick Thohir dalam keterangan resmi, Jumat 21 April 2023.

Erick mengatakan, awal mula dirinya ingin segera melakukan audit terhadap PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) yang menjadi operator Liga 1 2022/2023. Dirinya curiga dengan ketidakjelasan keuangan yang ada di PSSI.

BACA JUGA:Megawati Umumkan Ganjar Capres 2024, Puan Maharani Diberi Tugas Bentuk Tim Pemenangan

Oleh sebab itu, untuk menghormati perjuangan yang telah dilakukan oleh para pemain dan pelatih. Ia langsung mengguyur bonus sebesar RP 2 Miliar kepada sang Juara PSM Makassar.

“Lalu ditengarai ada juga ketidakjelasan dalam manajemen keuangan di PSSI, maka saya langsung tanda tangan MoU dengan pihak Ernst & Young Indonesia untuk mengadakan audit forensik atas pencatatan keuangan PSSI," ungkap Erick.

Ia menilai ada dugaan ketidakjelasan keuangan di PT Liga Indonesia Baru mengenai ketidakkonsistenan pemberian bonus kepada juara Liga 1 yang dinilai tidak transparan.

Sebelumnya dirinya telah mendengar informasi mengenai transfer pembayaran dana yang telah dilakukan PT LIB kepada PSSI. Hal itu yang mendorong Erick untuk melakukan pemeriksaan keuangan keduanya. 

BACA JUGA:Jokowi: Pak Ganjar Ini adalah Pemimpin yang Dekat dengan Rakyat

Erick mengatakan, dengan dilakukannya audit keuangan bertujuan agar lebih terbuka dan transparan agar tidak ada pihak-pihak yang merasa dirugikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: