Gatal-gatal karena Alergi? Ini 4 Obat Alaminya

Gatal-gatal karena Alergi? Ini 4 Obat Alaminya

Ilustrasi gatal-gatal -@parboaboa-Instagram

JAKARTA, DISWAY.ID - Alergi gatal-gatal (pruritus) adalah gejala umum yang terjadi pada beberapa jenis Alergi.

Ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti reaksi alergi terhadap makanan tertentu, alergi udara, obat-obatan, atau bahan kimia tertentu.

Alergi terjadi ketika sistem kekebalan tubuh kita bereaksi secara berlebihan terhadap suatu zat yang sebenarnya tidak berbahaya.

BACA JUGA:7 Makanan yang Kerap Jadi Penyebab Alergi, Hati-hati Saat Konsumsi Hingga Timbulkan Sesak Napas

Ketika kita terpapar zat tersebut, sistem kekebalan tubuh melepaskan histamin dan zat lainnya yang dapat menyebabkan berbagai gejala, termasuk gatal-gatal.

Meskipun mekanisme pasti terjadinya alergi masih belum sepenuhnya dipahami, terdapat faktor risiko yang dapat meningkatkan kemungkinan seseorang mengalami alergi.

Contohnya seperti riwayat keluarga yang memiliki riwayat alergi, lingkungan yang tidak sehat, dan pola makan yang kurang sehat.

Dalam beberapa kasus, alergi gatal-gatal juga dapat disebabkan oleh penyakit kulit, seperti eksim atau psoriasis.

BACA JUGA:Pemerintah Tak Akan Alergi Kritik, Moeldoko: yang Penting Tema Kritikannya Jelas!

Jika Anda mengalami gejala alergi gatal-gatal yang parah atau berlangsung lama, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter atau ahli alergi untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Ada beberapa obat alami yang dapat membantu meredakan gejala alergi gatal-gatal, antara lain:

1. Lidah buaya: Lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat membantu meredakan peradangan dan gatal-gatal pada kulit. Anda dapat mengoleskan gel lidah buaya segar pada area yang gatal.

2. Minyak kelapa: Minyak kelapa memiliki sifat anti-jamur dan anti-bakteri yang dapat membantu mengurangi iritasi pada kulit. Oleskan beberapa tetes minyak kelapa pada area yang gatal-gatal dan pijat perlahan.

BACA JUGA:Penyakit Langka! Alergi Air, Wanita Ini Sampai Tidak Pernah Mandi dan Tak Bisa Menangis: Saya Takut Hujan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: