Pratu F yang Diserang KKB Ditemukan Tewas Dalam Jurang 140 Meter, Begini Kronologinya

Pratu F yang Diserang KKB Ditemukan Tewas Dalam Jurang 140 Meter, Begini Kronologinya

Ilustrasi kelompok OPM-Foto/Dok/Istimewa-

JAKARTA, DISWAY.ID - Satu prajurit TNI yang sempat hilang usai kontak tembak dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Mugi-Mam, Kab. Nduga, Papua ditemukan dalam kondisi gugur. 

Kapuspen TNI Laksda, Julius Widjojono menjelaskan, gugurnya Pratu F bukan karena tertembak oleh KKB. Namun, TNI menyatakan prajurit bernama Pratu F itu terpaksa menyelamatkan diri dengan melompat ke jurang dari tebing ketinggian 140 meter karena dalam posisi terdesak dikepung Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Nduga, Papua.

"Karena mencoba untuk escape dari serangan. Melompat ke tebing, tidak tertembak. Dia lompat lalu jatuh ke tebing 140 meter," katanya kepada wartawan, Minggu, 23 April 2023.

BACA JUGA:Markas 'Diacak-acak' KKB Papua, Kualitas Kopassus Perlu Dievaluasi, CISS: Ada yang Tidak Kuat dalam...

BACA JUGA:KKB Papua Obrak-abrik Markas TNI di Nduga, 6 Prajurit Kopasus dan Kostrad Tewas, 9 Lainnya Ditawan

Dia menjelaskan kronologi serangan yang dilakukan KST, ketika rombongan Satgas Yonif R 321/GT beranggotakan 36 personel sedang berupaya melakukan operasi evaluasi terhadap Pilot Susi Air.

Peristiwa itu terjadi pada 15 April lalu saat Pratu F bersama 35 prajurit TNI lainnya dalam misi penyelamatan pilot pesawat Susi AirPhilip Mark Mehrtens di kawasan Nduga, Papua.

Namun, ketika berada di perjalanan menuju titik operasi. Secara mendadak 36 personel mendapatkan serangan dari segala penjuru oleh gerombolan KST. Sehingga dari total serangan itu sebanyak 5 prajurit menjadi korban.

"Dikepung dari atas, kiri, kanan samping tebing. Nah mencoba menyerang yang bawah itu ternyata ada seperti ada surface. Jadi escapenya dia itu lompat ke jurang itu, tapi tidak ada luka tembak, senjata masih ada," ujarnya. 

BACA JUGA:Kesaksian Anggota TNI Selamat Dari Penyerbuan OPM Papua, Mereka Ajak Ibu-ibu dan Anak-anak Serang TNI

BACA JUGA:Kabar Buruk, TNI-Polri Temukan 4 Jenazah Prajurit TNI yang Gugur Akibat Serangan KKB Papua

Dengan demikian, ada lima prahurit TNI yang gugur dalam peristiwa yang terjadi di Nduga, Papua. Kelima prajurit itu yakni Pratu F, Pratu Ibrahim, Pratu M Arifin, Pratu Kurniawan, dan Prada Syukra.

"Almarhum merupakan korban kelima yang gugur oleh serangan gerombolan KST di Mugi-Mam Nduga. Jenazah Almarhum Pratu F ditemukan oleh Tim Gabungan yang sejak peristiwa penembakan itu terus mencari dan menelusuri tempat kejadian penembakan oleh KST," kata Julius.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: