Arus Balik Mudik 2023: Beberapa Tol Wilkum PMJ Diterapkan One Way

Arus Balik Mudik 2023: Beberapa Tol Wilkum PMJ Diterapkan One Way

Polda Metro Jaya Terus Pantau Lonjakan Arus Balik Lebaran 2023-Andrew Tito-

JAKARTA, DISWAY.ID - Rekayasa lalu lintas atau lalin tetap diterapkan hingga malam nanti (25/4) oleh polisi di jalur Tol Cikarang Utama.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman mengatakan sementara one way masih diterapkan beberapa Tol Wilayah Hukum Polda Metro Jaya (Wilkum PMJ)  sembari menunggu arahan Kors Lalu Lintas (Korlantas).

"Tadi diinformasikan bahwa one way akan berlangsung sampai dengan tanggal 25 jam 24.00 WIB. Kita masih menunggu perkembangan instruksi dari Korlantas Polri," katanya kepada awak media.

Diharapkan, arus lalin terus mengalir dan tidak terjadi penumpukan saat arus balik mudik lebaran Idul Fitri ini.

BACA JUGA:H+4 Lebaran, 36.000 Orang Masih Berangkat Mudik Pakai KRL dari Jakarta

"Diharapkan demikian, sehingga arus terus mengalir. Jadi tidak ada penumpukan dari Jawa Tengah, Jawa Barat, masuk ke kita. Biarkan demikian," ucapnya.

"Kalau ada sumbatan, yang kita khawatirkan nanti mereka lepas bersama-sama pasti akan terjadi penumpukan. Tapi kalau arus mengalir terus, keuntungan kita untuk mengatur arus lalu lintas akan semakin mudah," tambahnya.

BACA JUGA:Siap-siap! Puncak Arus Balik Terminal Lebak Bulus Diprediksi Terjadi Sore Ini

Sebelumnya, Polisi akan menerapkan contraflow alias perubahan arah normal arus kendaraan di jalan Tol Dalam Kota Jakarta akan diterapkan jika diperlukan saat arus balik mudik.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman mengatakan Jika di Tol Dalam Kota terjadi penumpukan, nantinya kendaraan akan diarahkan terlebih dahulu ke Tanjung Priok atau Pondok Indah.

"Kita bagi rata apabila kepadatan terjadi di Dalam Kota, akan dibuang dulu ke Tanjung Priok maupun ke arah Pondok Indah. Tentunya nanti ada masalah di pintu tol. Pintu tol akan kita tambah petugas tap pintu tol," katanya kepada awak media, Selasa 25 April 2023.

BACA JUGA:Politik 'Nasi Putih' Bakal Tumpah di Pilkada Depok

Diungkapkannya, hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan volume kendaraan yang ada.

"Setelah itu, maksimal nanti akan kita perkuat di jalur arteri keluar tol diperkuat dari Cibatu, Cibitung, Cikarang, Cikarang Barat, sampai Bekasi Barat, Bekasi Timur, dan exit tol seluruh Jakarta akan dikuat oleh personel yang diperbantukan dari Sabhara maupun Brimob untuk betul memperlancar arus yang akan keluar dari jalur tol ini," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: