Organisasi Konsumen Eropa Peringatkan Bahaya Chatbot Usai Satgas ChatGPT Dibentuk

Organisasi Konsumen Eropa Peringatkan Bahaya Chatbot Usai Satgas ChatGPT Dibentuk

Tangkapan layar ChtaGPT.-ist-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Organisasi Konsumen Eropa (BEUC) telah memperingatkan tentang bahaya konten yang dihasilkan oleh chatbot, seperti yang terdapat pada ChatGPT Open AI dan teknologi kecerdasan buatan lainnya.

Sebelumnya, Dewan Perlindungan Data Eropa (EDPB) selaku lembaga pengawas privasi di Uni Eropa, telah membentuk satuan tugas (satgas) ChatGPT.

Bagi BEUC, konten yang salah faktual sebagaimana yang dihasilkan oleh chatbots dapat menyesatkan konsumen. Selanjutnya, menghasilkan iklan yang menipu hingga lebih merugikan konsumen muda dan anak-anak. 

BACA JUGA:Kemenhub Perpanjang Waktu Pembatasan Operasional Truk hingga 28 April 2023

Atas kondisi demikian, BEUC mendesak Badan Perlindungan Konsumen Uni Eropa untuk menyelidiki ChatGBT dan meminta Jaringan Keamanan Konsumen untuk memulai pertukaran informasi dan penyelidikan terhadap risiko keamanan produk tersebut.

Investigasi terhadap teknologi AI ini menjadi sangat penting dalam menjaga keamanan dan kenyamanan konsumen.

Diketahui, saat ini teknologi kecerdasan buatan berkembang pesat dan didukung oleh perusahaan-perusahaan teknologi besar.

"Badan Perlindungan Konsumen Uni Eropa harus melakukan investigasi lebih lanjut untuk mengidentifikasi kehadiran teknologi kecerdasan buatan di pasar konsumen dan mengeksplorasi tindakan perbaikan apa yang harus diambil untuk menghindari kerugian konsumen," ungkap Wakil Direktur Jenderal BEUC Ursula Pachl.

BEUC merupakan organisasi konsumen Eropa yang menaungi sebanyak 46 organisasi konsumen dari 32 negara.

BACA JUGA:Arus Balik, Tiket Kereta Api Masih Tersedia Banyak

Dalam menyikapi kekhawatirannya terhadap Chatbots seperti yang ada dalam teknologi ChatGBT OpenAI, BEUC mengirimkan surat kepada jaringan otoritas keselamatan konsumen (CSN network) dan mengirimkan ke jaringan otoritas perlindungan konsumen (CPC network).

"BEUC dengan demikian meminta Anda untuk menyelidiki risiko yang ditimbulkan oleh sistem AI ini kepada konsumen sebagai hal yang mendesak," ujar Ursula Pachl, dalam surat yang dikirimkan kepada CPC network dan Komisi Eropa, seperti dikutip dari Reuters, Selasa 25 April 2023.

BEUC berharap tindakan ini dapat memastikan keselamatan dan perlindungan konsumen.

Sebelumnya, Dewan Perlindungan Data Eropa (EDPB), sebuah lembaga pengawas privasi di Uni Eropa, membentuk satuan tugas (satgas) ChatGPT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: